Kompas.com - 25/04/2021, 04:00 WIB

KOMPAS.com - Psikolog anak menyebut, aktivitas di rumah saja selama bulan Ramadhan karena kita masih menghadapi pandemi Covid-19 memang memiliki tantangan tersendiri bagi anak, termasuk rasa stres.

Hal ini disampaikan oleh Fathya Artha Utami M.Psi dalam diskusi daring bertajuk Dukung Anak Hebat Berliterasi dengan Asupan Gizi Seimbang dan Pola Asuh Orang Tua yang Baik, Jumat (23/4/2021).

"Ruang gerak yang terbatas, pilihan kegiatan yang cenderung monoton, ditambah minimnya interaksi dengan teman bisa menjadi faktor anak merasakan stres," kata Fathya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, stres anak bisa berpengaruh pada emosi yang tidak stabil yang bisa terlihat dari perilaku anak, salah satunya seperti anak sulit diajak bekerja sama.

Baca juga: Peneliti Ungkap Alasan Sistem Kekebalan Anak Lebih Kuat Melawan Virus Corona

Hal ini dapat menjadi tantangan bagi orangtua dalam melakukan rutinitas bersama anak, misalnya kegiatan makan yang menjadi kunci utama dalam meningkatkan imunitas anak terutama di bulan Ramadhan.

Lantas bagaimana mengatasi risiko stres pada anak selama Ramadhan di tengah pandemi Covid-19?

Mengatasi stres anak saat Ramadhan di tengah pandemi Covid-19

Dalam persoalan ini, Fathya mengatakan, meskipun risiko stres anak di bulan Ramadhan saat pandemi Covid-19 belum berakhir ini sangat mungkin terjadi. Namun, bukan berarti orang tua tidak bisa mengatasi ataupun mencegah hal itu terjadi.

Untuk mengatasi situasi tersebut, Fathya menyarankan agar anak diberikan kegiatan yang beragam dan seimbang antara kegiatan yang menggunakan gadget dengan kegiatan offline.

Salah satu kegiatan offline yang bisa diajarkan dan diterapkan untuk anak-anak dalam hal ini adalah dengan membaca.

"Membaca mengasah kemampuan bahasa anak untuk dapat memahami makna dibalik sebuah kata melalui konteks cerita yang dibaca," ujarnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.