Kompas.com - 15/03/2021, 17:02 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.comMenopause adalah transisi seorang wanita ke fase kehidupan baru. Ini dimulai ketika siklus menstruasi selesai. 

Menopause bukanlah masalah kesehatan. Namun perubahan hormonal dan faktor lain yang terlibat dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Menopause biasanya dimulai antara usia 40-58 tahun di negara maju, di mana usia rata-rata adalah 51 tahun.

Bagi sebagian orang, ini akan terjadi lebih awal karena kondisi medis atau perawatan, seperti pengangkatan ovarium.

Lalu, apa saja ciri-ciri atau gejala yang muncul ketika menopouse?

Baca juga: Menopause Timbulkan Banyak Efek pada Tubuh Wanita, Apa Saja?

Dilansir Medical News Today, Minggu (28/1/2018) setiap orang mungkin mengalami menopause secara berbeda. Itu bisa bertahan selama beberapa tahun.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika menopause terjdi, ada tiga tahap yang dialami wanita, yakni:

  • Pre-menopause
  • Menopause
  • Post Menopause

Pre-menopause adalah waktu transisi yang dimulai sebelum menopause dan termasuk 12 bulan setelah menstruasi terakhir seseorang.

Menopause sendiri dimulai 12 bulan setelah menstruasi terakhir atau saat menstruasi berhenti karena alasan klinis, seperti pengangkatan ovarium.

Terakhir, untuk post menopause atau pasca menopause terjadi  pada tahun-tahun setelah menopause, meskipun sulit untuk mengetahui kapan menopause selesai dan pascamenopause dimulai.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X