Kompas.com - 27/02/2021, 20:06 WIB

KOMPAS.com - Ketika kulit kepala mengelupas dan berjatuhan ke bahu, banyak orang beranggapan bahwa itu adalah ketombe. Namun, rupanya hal ini bisa jadi pertanda kulit kepala kering. 

Ketombe dan kulit kepala kering memang memiliki gejala utama yang sama, yaitu serpihan berjatuhan dan kulit kepala yang gatal. Namun, keduanya merupakan kondisi yang berbeda.

Pada kulit kepala kering, kulit teriritasi dan mengelupas. Dengan ketombe, penyebabnya adalah terlalu banyaknya minyak di kulit kepala. Minyak berlebih itu menyebabkan sel-sel kulit menumpuk dan kemudian terlepas.

Lantas, bagaimana cara membedakan ketombe dan kulit kepala kering?

Baca juga: Simak Penyebab Ketombe Berlebih dan Cara Mengobatinya

Dilansir dari Healthline, (7/3/2019); Salah satu cara untuk membedakan kulit kepala kering dari serpihan ketombe adalah penampilannya.

Serpihan ketombe lebih besar dan terlihat berminyak. Pada bayi, kondisi ketombe yang disebut dengan kondisi cradle cap membuat kulit kepala terlihat bersisik atau berkerak.

Sementara itu, kulit kepala kering memiliki serpihan yang lebih kecil dan kering.

Lalu, meski kekeringan juga membuat kulit kepala menjadi gatal seperti ketombe; kulit kepala yang kering biasanya juga dibarengi dengan kekeringan di kulit di bagian tubuh lain, seperti lengan dan kaki.

Penyebab kulit kepala kering dan ketombe

Kondisi kulit kepala yang kering dikarenakan kelembapan kulit yang terlalu sedikit, sehingga kulit kepala menjadi teriritasi dan mengelupas.

Kulit kepala kering juga bisa dipicu oleh faktor-faktor seperti ini:

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.