Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO Setujui Penggunaan Darurat Global Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech

Kompas.com - 01/01/2021, 17:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya menyetujui penggunaan darurat vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan BioNTech.

Efikasi vaksin Pfizer yang dikembangkan bersama mitra perusahaan biotek asal Jerman, BioNTech mencapai tingkat kemanjuran yang mendekati 100 persen.

Menariknya lagi, vaksin untuk mencegah infeksi virus corona tersebut dikembangkan dengan teknologi baru berbasis messenger RNA (mRNA).

Dilansir dari Deutsche Welle (DW), Jumat (1/1/2021), WHO telah memberikan validasi penggunaan darurat pertama untuk vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech.

Baca juga: WHO: Vaksin Covid-19 Pfizer Menjanjikan, tapi Ada Tantangan Cold Chain

 

Dengan demikian, validasi penggunaan darurat vaksin corona tersebut akan memungkinkan negara untuk mempercepat persetujuan peraturan.

Validasi penggunaan darurat vaksin tersebut disampaikan WHO pada Kamis (31/12/2020) lalu.

Keputusan tersebut diharapkan dapat segera ditindaklanjuti negara-negara yang memungkinkan untuk segera menyetujui impor dan distribusi vaksin Covid-19 bagi masyarakat.

Baca juga: Pfizer dan Moderna Uji Vaksin Covid-19 pada Virus Corona Jenis Baru Inggris

 

Vaksin Pfizer adalah yang pertama mendapatkan persetujuan penggunaan darurat dari badan kesehatan global.

"Ini adalah langkah yang sangat positif untuk memastikan akses global ke vaksin Covid-19. Tetapi saya ingin menekankan perlunya upaya global yang lebih besar untuk mencapai pasokan vaksin yang cukup untuk memenuhi populasi prioritas di mana pun," kata asisten direktur umum WHO untuk akses ke obat-obatan dan produk kesehatan, Dr. Mariangela Simao.

Lebih lanjut, Dr Simao mengatakan WHO dan para mitra bekerja siang dan malam untuk mengevaluasi vaksin lain yang telah mencapai standar keamanan dan kemanjuran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com