Kompas.com - 09/12/2020, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Menjaga imunitas atau sistem kekebalan tubuh menjadi prioritas penting bagi setiap orang, terutama di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini.

Selain dengan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, rutin mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak, kita juga perlu untuk menjaga pola makan yang seimbang agar kondisi tubuh tetap sehat.

Nah, salah satu asupan yang penting dikonsumsi untuk membantu tubuh agar tetap fit ini adalah makanan yang mengandung vitamin C.

Prof Dr dr Saptawati Bardosono MSc dari Perhimpunan Nutrisi Indonesia mengatakan bahwa vitamin C yang juga dikenal sebagai asam askorbat, punya banyak khasiat untuk tubuh.

Dia menjelaskan, vitamin C sangat baik untuk mempersiapkan diri di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Baca juga: Cegah Corona, Amankah Konsumsi Vitamin C 1.000 Miligram Setiap Hari?

Adapun khasiat vitamin C untuk tubuh di antaranya seperti antioksidan, mencegah peradangan atau anti-inflamasi, mencegah stres, hingga anti bakteri.

Guru besar yang akrab disapa Prof Tati ini menjelaskan, sesuai anjuran Kementerian Kesehatan untuk Angka Kecukupan Gizi tahun 2019, kecukupan asupan vitamin C ditentukan berdasarkan usia dan jenis kelamin.

Contohnya, laki-laki usia mulai 16 tahun sampai lebih dari 80 tahun adalah 90 mg per hari.

Sementara, pada perempuan di rentang usia yang sama, membutuhkan sebesar 75 mg per hari.

Siapa saja yang butuh konsumsi vitamin C?

Prof Tati mengatakan, orang yang paling banyak membutuhkan vitamin C adalah mereka yang sering mengonsumsi makanan tidak segar dan tidak mengandung sumber vitamin C.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.