Kompas.com - 09/11/2020, 17:02 WIB
Ilustrasi duduk sakit pinggang spukkatoIlustrasi duduk sakit pinggang

KOMPAS.com - Kebiasaan duduk dan berdiri yang tidak benar dapat menyebabkan ketegangan otot yang memengaruhi postur tubuh.

Fisioterapis bernama Nick Sinfield mengatakan, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan manusia dan memengaruhi postur tubuh. Namun jangan khawatir, hal ini bisa diperbaiki dengan latihan kekuatan dan peregangan.

Sinfield berkata, saat sakit punggung, memperbaiki postur tubuh kemungkinan tidak akan mengatasi akar penyebab nyeri Anda. Akan tetapi, hal ini dapat membantu meredakan ketegangan otot.

"Memperbaiki postur tubuh mungkin terasa sulit pada awalnya karena tubuh sudah terbiasa duduk dan berdiri dengan cara tertentu," kata Sinfield seperti dilansir NHS, Sabtu (10/7/2020).

"Tapi dengan sedikit latihan, postur yang baik akan menjadi kebiasaan dan menjadi langkah penting untuk membantu menjaga punggung dalam waktu lama."

Baca juga: Olahraga di Rumah Terbaik untuk Bakar Lemak dan Turunkan Berat Badan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut 5 kesalahan umum yang dapat memengaruhi postur tubuh kita:

1. Membungkuk saat duduk

Duduk dengan posisi membungkuk dapat menimbulkan ketegangan pada otot yang akhirnya memicu rasa nyeri.

Biasakan duduk dengan benar. Mungkin awalnya terasa tidak nyaman karena otot tidak pernah dilatih untuk menopang tubuh pada posisi yang benar.

Anda juga bisa melakukan latihan atau gerakan yang membantu memperkuat otot inti dan bokong, dan ekstensi punggung. Hal ini akan membantu memperbaiki postur tubuh yang membungkuk.

Anda juga bisa melakukan latihan berikut untuk memperbaiki postur tubuh:

  • Bridges adalah latihan keseimbangan tubuh di tangan dan kaki. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kekuatan punggung bawah dan gluteus.
  • Back extensions atau ekstensi punggung adalah latihan yang melatih punggung bawah serta punggung tengah dan atas,
  • Plank, latihan kekuatan inti isometrik yang melibatkan mempertahankan posisi yang mirip dengan push-up untuk waktu maksimum yang dimungkinkan.

Hiperlordosis, pantat menonjol ke belakang yang menciptakan postur Donald Duck. Ada beberapa gerakan yang disarankan untuk memperbaiki postur ini.NHS Hiperlordosis, pantat menonjol ke belakang yang menciptakan postur Donald Duck. Ada beberapa gerakan yang disarankan untuk memperbaiki postur ini.

2. Pantat menonjol ke belakang

Jika pantat Anda terlalu menonjol ke belakang dan ada lekukan yang jelas di punggung bawah dan menciptakan postur "Donald Duck", Anda mungkin mengalami hiperlordosis.

Postur "Donald Duck" bisa muncul ketika seseorang terlalu sering mengenakan sepatu hak tinggi, beban berlebih di sekitar perut, dan kehamilan.

Halaman:


Sumber NHS
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.