5 Tips Mudah agar Tulang Sehat dan Tidak Kena Osteoporosis

Kompas.com - 22/10/2020, 16:34 WIB
Ilustrasi tulang belakang horillazIlustrasi tulang belakang

KOMPAS.com - Osteoporosis adalah kondisi ketika tulang pada tubuh manusia sudah mulai rapuh. Banyak orang tidak sadar bahwa tulangnya telah rapuh hingga mengalami patah tulang. 

Disampaikan oleh dr. Suci Sutinah, Country Medical Lead Consumer Health Bayer Indonesia pada webinar CDR, Kamis (22/10/2020), osteoporosis merupakan salah satu kondisi yang ke depannya bisa jadi silent killer. Hal ini karena osteoporosis tidak memiliki gejala awal.

Padahal, masalah kesehatan osteoporosis telah menjadi perhatian Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sejak tahun 2006.

Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) juga memperkirakan bahwa ada sekitar 41,8% pria Indonesia dan 90% wanita Indonesia yang telah mengalami osteopenik.

Baca juga: Obat Osteoporosis Justru Bikin Tulang Rapuh?

Untuk diketahui, osteopenik adalah kondisi di mana tulang mengalami penurunan kepadatan mineral.

Suci pun memberikan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tulang tetap sehat. Berikut adalah paparannya:

1. Memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D

Anda harus memenuhi kebutuhan asupan kalsium dan vitamin D untuk tubuh setiap hari.

Kalsium bisa didapatkan dari susu dan produknya, seperti yogurt dan keju. Sementara itu, vitamin D bisa Anda dapat secara gratis dari Matahari dengan berjemur. Inilah mengapa vitamin D juga disebut sebagai "sunshine vitamin."

Namun, jika kebutuhan kalsium dan vitamin D masih belum terpenuhi maka hal yang dapat dilakukan adalah mengkonsumsi suplemen.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X