Gadis 14 Tahun Asal Texas Raih Penghargaan karena Molekul Virus Corona

Kompas.com - 22/10/2020, 12:00 WIB
Anika Chebrolu, gadis 14 tahun asal Texas meraih penghargaan tertinggi Sains untuk penemuan molekul coronavirus. 3M/Science AlertAnika Chebrolu, gadis 14 tahun asal Texas meraih penghargaan tertinggi Sains untuk penemuan molekul coronavirus.

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19, gadis 14 tahun asal Texas berhasil memenangkan kompetisi sains tingkat nasional untuk mengidentifikasi molekul yang dapat mengikat virus corona dan berpotensi menonaktifkannya.

Gadis jenius itu adalah Anika Chebrolu asal Frisco, Texas.

Dia menggunakan pemodelan komputer untuk mencari senyawa yang mengikat erat protein spike virus corona SARS-CoV-2.

Protein spike adalah struktur yang menonjol mirip paku di permukaan virus corona. Spike inilah yang menghubungkan virus ke sel manusia dan memicu infeksi.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Sinovac di Indonesia, 1.074 Relawan Telah Mendapat Dosis Kedua

Secara teori, senyawa semacam itu seharusnya mencegah virus menginfeksi sel.

Dilansir Science Alert, Kamis (22/10/2020), saat merancang obat antiviurs baru, para ilmuwan sering melakukan studi komputasi - seperti yang dilakukan Chebrolu - sebagai langkah pertama.

Atas karyanya yang mengesankan, Chebrolu mendapat hadiah pertama dalam 3M Young Scientist Challenge 2020, kompetisi sains di AS untuk siswa sekolah menengah.

Chebrolu mendaftar untuk kontes berbulan-bulan lalu saat masih di sekolah menengah, dengan niat awal mempelajari influenza, menurut wawancara video dengan KTVT, afiliasi CBS.

"Karena pandemi Covid-19 sangat parah dan sangat berdampak pada dunia dalam waktu singkat, saya dengan bantuan mentor, mengubah arah penelitian (yang tadinya mempelajari influenza) menjadi menargetkan virus SARS-CoV-2," katanya kepada CNN.

Sementara itu, menurut penututran Cindy Moss yang menjadi juri untuk 3M Young Scientist Challenge, Chebrolu mendapat penghargaan itu karena karyanya komprehensif dan telah memeriksa banyak database.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X