Kompas.com - 15/09/2020, 17:30 WIB
Ilustrasi mabuk perjalanan metamorworksIlustrasi mabuk perjalanan

KOMPAS.com - Sebagian orang lebih senang menghabiskan waktu luangnya di rumah dan menghindari bepergian jarak jauh. Bukan karena tak menyukai aktivitas liburan, tapi karena enggan berhadapan dengan mabuk perjalanan.

Acara perjalanan yang seharusnya indah, bisa berubah menjadi sangat menyebalkan saat rasa mual dan pusing datang tak tertahankan, entah itu di atas mobil atau di atas kapal.

Kabar baiknya, menurut sebuah studi baru di jurnal Applied Ergonomics, otak seseorang bisa dilatih agar tidak terlalu rentan terhadap rasa pusing saat beraktivitas dalam perjalanan.

Para peneliti dari University of Warwick telah berkutat dengan risiko peningkatan mabuk perjalanan, begitu mobil tanpa pengemudi menjadi sebuah hal yang biasa.

Baca juga: Perjalanan Luar Angkasa Sebabkan Perubahan pada Otak Kosmonot, Ini Penjelasannya

Di masa mendatang, diharapkan pada jam sibuk, para pekerja akan menggunakan waktu perjalanan mereka untuk membaca dan menulis email, menonton film, dan melakukan tugas berbasis layar lainnya sembari kendaraan mereka dikendarai robotik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini, kata penulis studi, kemungkinan akan membuat banyak orang merasa agak mual dan dapat memengaruhi produktivitas tenaga kerja - terutama selama beberapa jam pertama di hari itu.

Untuk mencoba dan memecahkan masalah yang akan datang ini, tim merekrut 42 peserta, ada yang berkeliling dengan mobil dikendarai robot dan sebagian ditempatkan di simulator mengemudi sambil melaporkan tingkat mual mereka.

Setiap orang kemudian diminta untuk meluangkan waktu 15 menit sehari melakukan berbagai tugas visuospatial - kemampuan mengidentifikasi dan menganalisa, selama dua minggu ke depan.

Tugas mereka termasuk latihan melipat kertas dan tes rotasi mental, di mana peserta diperlihatkan serangkaian bentuk dan harus menyimpulkan bentuk mana yang baru saja diputar.

Pada akhir periode pelatihan dua minggu, keterampilan visuospatial peserta meningkat rata-rata 40 persen.

Baca juga: Siap Mudik dengan Mobil, Kenali Dulu Lokasi Duduk Paling Berbahaya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.