Kompas.com - 15/08/2020, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Akhir 1400-an, sebuah penyakit misterius menjangkiti Eropa. Penyakit itu membuat korbannya menderita bisul serta daging yang membusuk dan menewaskan hingga 5 juta orang.

Kini, kita telah mengenali penyakit itu sebagai sifilis. Namun, selama berabad-abad lamanya, sejarawan serta arkeolog masih memperdebatkan asal mula penyakit tersebut di Eropa.

Salah satu teori yang disebut teori Kolombia menyebutkan kalau Christopher Columbus dan krunya-lah yang bertanggung jawab membawa epidemi itu dari Amerika.

Hingga akhirnya, sebuah studi baru tampaknya berhasil menguak kisah sebenarnya di balik epidemi sifilis di Eropa.

Baca juga: Penyakit Menular Seksual Sifilis, Kenali Tahapan dan Gejala Infeksinya

Seperti dikutip dari Sciencemag, Sabtu (15/8/2020), para peneliti menggunakan DNA dari patogen yang diekstrak dari sisa-sisa tulang sembilan orang Eropa di masa lalu.

Tulang-tulang tersebut didapat dari lima situs arkeologi di Finlandia, Estonia, dan Belanda. Selanjutnya, para peneliti mengurutkan DNA Treponemal dari empat sampel dan membandingkan urutannya dengan galur sifilis modern.

Hasilnya ternyata cukup mengejutkan.

Para peneliti menemukan kalau beragam galur sifilis ternyata sudah ada beberapa dekade sebelum pelayaran Columbus.