Kompas.com - 19/07/2020, 20:04 WIB
Ilustrasi diabetes shutterstockIlustrasi diabetes

KOMPAS.com - Diabetes melitus adalah gangguan penyakit metabolik yang ditandai dengan hiperglikemia, atau peningkatan kadar glukosa di dalam darah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya produksi insulin dan resistensi insulin.

“Resistensi insulin adalah kondisi ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan gula darah dengan baik karena adanya gangguan aksi kerja insulin atau terganggunya respon sel tubuh terhadap insulin,” tutur dr Khomimah, Sp.PD-KEMD, FINASIM selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Bekasi Barat.

Melalui keterangan tertulis pada Minggu (19/7/2020), Khomimah menyebutkan bahwa diabetes melitus kerap terjadi pada seseorang yang memiliki berat badan berlebih dan jarang berolahraga.

Jenis-jenis diabetes melitus

Khomimah menjelaskan diabetes melitus terdiri dari beberapa tipe.

“Ada diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, diabetes dalam kehamilan atau gestasional, dan diabetes tipe lainnya,” tambah ia.

Penyebab diabetes tipe 1 adalah gangguan autoimun yang menyebabkan sistem imun tubuh merusak sel-sel yang memproduksi hormon insulin di dalam pankreas sehingga produksi insulin sangat kurang.

Diabetes tipe 1 juga kadang tidak diketahui penyebabnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Diabetes Melitus, Kenali Faktor Risiko sampai Gejalanya

Jenis diabetes tipe 1 memiliki penyebab bervariasi terkait masalah resistensi insulin, atau gangguan aksi kerja insulin. Kondisi ini terjadi apabila seseorang memiliki kadar insulin yang cukup atau melah lebih tinggi dari nilai rata-rata orang normal.

“Namun tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan optimal, sehingga jumlah glukosa yang menetap di dalam darah menjadi berlebih. Diabetes tipe 2 juga terjadi akibat gangguan dari sekresi (produksi) insulin akibat faktor-faktor risiko yang telah dijelaskan sebelumnya,” papar Khomimah.

Jenis diabetes kehamilan (gestasional) terjadi akibat resistensi insulin atau aksi kerja insulin meningkat saat kehamilan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.