Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duduk Jadi Kebiasaan Buruk Pemicu Nyeri Pinggang, Kok Bisa?

Kompas.com - 17/07/2020, 19:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat masyarakat harus melakukan aktivitas dan bekerja dari rumah (WFH). Tidak sedikit orang yang mengeluhkan sakit atau nyeri di tubuhnya, termasuk area pinggang.

Tahukah Anda, rasa nyeri di bagian tubuh terutama pinggang dikarenakan kebiasaan buruk yang dilakukan saat WFH selama pandemi.

Hal tersebut disampaikan oleh Dokter Spesialis Bedah Orthopedi dan Traumatologi RS Pondok Indah, dr Muki Partono SpOT.

Baca juga: Mitos atau Fakta: Sakit Pinggang Pertanda Sakit Ginjal?

Beberapa kebiasaan buruk yang seringkali diabaikan dan memicu rasa nyeri pada pinggang adalah duduk yang lama dan membungkuk.

Diakui Muki bahwa tidak banyak yang masyarakat yang menyadari bahwa posisi duduk membuat tubuh memiliki beban yang lebih berat daripada saat kita berdiri.

"Kebiasaan buruk saat pandemi yang harus dihindari yaitu jangan duduk lama," kata Muki dalam diskusi daring 'Solusi Nyeri Pinggang', Kamis (16/7/2020).

Akan tetapi, banyak masyarakat yang memilih untuk berlama-lama duduk dibandingkan berdiri.

Baca juga: Duduk Terlalu Lama? Simak 3 Tips Hindari Nyeri Pinggang

Padahal, posisi duduk sebenarnya memberi beban yang lebih berat pada bantalan di sekitar tulang. Jika bantalan ini membesar atau bengkak, saraf dan persendian justru terjepit dan menimbulkan rasa nyeri.

Jika rasa nyeri terus memburuk, maka bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya seperti leher sampai tulang ekor. Anda juga bisa merasakan kesemutan dan rasa panas di sekitar daerah yang terganggu. Ironisnya, jika tidak ditangani segera, bisa mengalami kelumpuhan.

Muki menyarankan untuk membuat pengaturan waktu setidaknya satu jam sekali Anda harus melakukan aktivitas lain seperti berdiri, berjalan, sekedar meregangkan tubuh, ataupun rebahan sejenak.

Baca juga: Bahaya Pipis Sambil Angkat Bokong di Toilet Duduk

Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak duduk selama lebih dari empat jam.

"WFH biasanya di rumah ngerjain apa saja, usahakan kurangi gerakan membungkuk seperti pas lagi nyapu, ngepel dan pekerjaan rumah lainnya," ujarnya.

Menghindari duduk dan membungkuk dalam durasi yang lama, juga dapat mengurangi penyebab atau pemicu rasa nyeri di pinggang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com