Hasil Pemindaian Ungkap, 55 Persen Pasien Corona Alami Masalah Jantung

Kompas.com - 13/07/2020, 19:05 WIB
Ilustrasi jantung yodiyimIlustrasi jantung

KOMPAS.com - Sebuah studi pemindaian jantung terhadap 1.200 pasien virus corona di 69 negara menunjukkan hasil yang mengkhawatirkan.

Lebih dari setengah pasien (55%) ditemukan mengalami beragam abnormalitas jantung yang bisa menganggu kemampuan organ untuk memompa darah, dengan sepertujuhnya menunjukkan tanda-tanda abnormalitas parah yang bisa menyebabkan gagal jantung.

Dipaparkan oleh para dokter di Edinburgh University dalam European Heart Journal, mayoritas pasien yang dipindai jantungnya tidak diketahui memiliki penyakit jantung sebelum terinfeksi Covid-19.

Namun, kini sepertiga pasien ditemukan mengalami kerusakan pada ventrikel atau dua ruang yang berada di bagian bawah jantung, tiga persen pernah mengalami serangan jantung dan tiga persen lainnya mengalami pembengkakan jaringan jantung.

Baca juga: Studi Ungkap Cara Virus Corona Langsung Infeksi Sel Jantung Pasien Covid-19

Dilansir dari The Guardian, Dr Anda Bularga, salah satu peneliti yang tergabung dalam studi ini berkata bahwa proporsi pasien dengan hasil pemindaian jantung yang abnormal sangat tinggi.

Hal ini membuat para ahli berpikir bahwa kondisi abnormalitas jantung yang diamati dalam studi mungkin disebabkan oleh infeksi virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Hasil temuan ini juga mendukung penelitian-penelitian sebelumnya yang mengungkapkan kaitan Covid-19 dengan organ-organ selain paru-paru, seperti otak dan jantung.

Studi di China dan Italia, misalnya, menemukan bahwa 20 persen pasien Covid-19 mengalami kerusakan jantung.

Namun, bagaimana mekanisme pasti Covid-19 bisa menyebabkan kerusakan jantung masih menjadi misteri.

Baca juga: New Normal, Jangan Tunda Lagi Kontrol Jantung ke Rumah Sakit

Sejauh ini, teori yang paling kuat adalah karena virus corona menyebabkan peradangan dan penumpukan cairan di paru-paru. Alhasil, jantung pun harus bekerja lebih keras untuk memompa darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X