Seri Baru Jadi Ortu: Simak Protokol Imunisasi Bayi di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 23/06/2020, 12:30 WIB
Ilustrasi vaksinasi anak-anak. SHUTTERSTOCKIlustrasi vaksinasi anak-anak.

KOMPAS.com – Meski Covid-19 masih menjadi pandemi, imunisasi dan vaksinasi tetap penting dilakukan untuk bayi dan anak. Imunisasi penting bagi bayi dan anak untuk melindungi dari berbagai penyakit berbahaya.

“Jika bayi tidak mendapat imunisasi lengkap, bukannya tidak mungkin akan terjadi wabah penyakit lain yang mengakibatkan banyak anak sakit berat, cacat, bahkan meninggal dunia,” tutur Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, Pondok Indah, dr Rosary Sp.A kepada Kompas.com, Selasa (23/6/2020).

Oleh karena itu, Rosary menyebutkan, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tetap merekomendasikan pemberian imunisasi saat pandemi.

Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, Pondok Indah, dr Rosary, Sp.ARSPI Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, Pondok Indah, dr Rosary, Sp.A

Berikut hal-hal yang dapat dilakukan saat pemberian imunisasi:

1. Mengatur jadwal kedatangan saat vaksinasi. Hal ini dilakukan agar anak tidak berkumpul dengan orang lain terlalu lama. Beberapa rumah sakit menyediakan layanan khusus untuk imunisasi yang terpisah dengan klinik rawat jalan.

2. Memisahkan anak sakit dan anak sehat di ruang tunggu dan ruang layanan yang berbeda.

3. Jarak kursi ruang tunggu diusahakan 1-2 meter.

4. Anak yang sudah bisa berjalan perlu dijaga agar tidak banyak mondar-mandir.

5. Jauhi orang yang sedang batuk dan pilek.

6. Sediakan hand sanitizer atau bak cuci tangan dengan air sabun yang mengalir agar orang tua dan anak dapat mencuci tangan ketika baru datang dan akan pulang ke rumah.

7. Pada wilayah dengan kasus COVID-19 tinggi, usahakan petugas melakukan screening untuk melihat adanya kontak keluarga atau tetangga dengan COVID-19 atau tidak.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X