Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seri Baru Jadi Ortu: Simak Protokol Imunisasi Bayi di Tengah Pandemi Covid-19

KOMPAS.com – Meski Covid-19 masih menjadi pandemi, imunisasi dan vaksinasi tetap penting dilakukan untuk bayi dan anak. Imunisasi penting bagi bayi dan anak untuk melindungi dari berbagai penyakit berbahaya.

“Jika bayi tidak mendapat imunisasi lengkap, bukannya tidak mungkin akan terjadi wabah penyakit lain yang mengakibatkan banyak anak sakit berat, cacat, bahkan meninggal dunia,” tutur Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, Pondok Indah, dr Rosary Sp.A kepada Kompas.com, Selasa (23/6/2020).

Oleh karena itu, Rosary menyebutkan, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tetap merekomendasikan pemberian imunisasi saat pandemi.

Berikut hal-hal yang dapat dilakukan saat pemberian imunisasi:

1. Mengatur jadwal kedatangan saat vaksinasi. Hal ini dilakukan agar anak tidak berkumpul dengan orang lain terlalu lama. Beberapa rumah sakit menyediakan layanan khusus untuk imunisasi yang terpisah dengan klinik rawat jalan.

2. Memisahkan anak sakit dan anak sehat di ruang tunggu dan ruang layanan yang berbeda.

3. Jarak kursi ruang tunggu diusahakan 1-2 meter.

4. Anak yang sudah bisa berjalan perlu dijaga agar tidak banyak mondar-mandir.

5. Jauhi orang yang sedang batuk dan pilek.

6. Sediakan hand sanitizer atau bak cuci tangan dengan air sabun yang mengalir agar orang tua dan anak dapat mencuci tangan ketika baru datang dan akan pulang ke rumah.

7. Pada wilayah dengan kasus COVID-19 tinggi, usahakan petugas melakukan screening untuk melihat adanya kontak keluarga atau tetangga dengan COVID-19 atau tidak.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/06/23/123000023/seri-baru-jadi-ortu--simak-protokol-imunisasi-bayi-di-tengah-pandemi-covid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke