Kompas.com - 24/04/2020, 20:02 WIB
Kolam flamingo, salah satu spot di Jatim Park 2. SHUTTERSTOCK/INTAMA GUNAWANKolam flamingo, salah satu spot di Jatim Park 2.

KOMPAS.com- Selama lima tahun, peneliti mengamati kehidupan kawanan burung flamingo. Spesies burung dengan fisik dan bulu yang unik ini ternyata lebih suka menghabiskan waktu dengan teman dekat.

Burung yang identik dengan warna merah muda tersebut juga cenderung menghindari flamingo lain yang tidak mereka kenal dalam satu kawanan.

Penulis penelitian, Dr Paul Rose menyebut jika teman dekat ini biasanya hanya terdiri dari 4-5 flamingo.

Menariknya, burung-burung ini memiliki ikatan sosial yang sudah berlangsung lama. Temuan tersebut juga menunjukkan jika flamingo memiliki struktur sosial kompleks.

Baca juga: Gelombang Panas Eropa Bikin Flamingo Bertelur Lagi Setelah 15 Tahun

"Flamingo memiliki umur panjang dan penelitian kami menunjukkan persahabatan mereka stabil selama bertahun-tahun. Seperti manusia, flamingo membentuk ikatan sosial," ungkap Rose, seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (24/4/2020).

Flamingo membentuk ikatan sosial karena berbagai alasan. Namun fakta bahwa mereka bisa memiliki umur panjang menunjukkan jika ikatan sosial penting untuk bertahan hidup di alam liar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.