Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Menelan Ludah Tak Bisa Hilangkan Haus?

Kompas.com - 12/04/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi haus shutterstockIlustrasi haus

KOMPAS.com - Ketika kita haus dan jauh dari air, tak jarang yang dilakukan adalah menelan ludah sendiri.

Namun kenapa saat haus dan menelan ludah sendiri tak menghilangkan haus? 98 persen air liur adalah air, bukankah seharusnya menghidrasi?

Seorang dokter penyakit dalam di Lenox Hill Hospital New York City, dr Len Horovitz mengatakan bukan begitu cara kerjanya.

"Pertama-tama, mari kita mengenali air liur," kata Horovitz dilansir Live Science.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Cara Sistem Pernapasan Lindungi Paru-paru dari Virus

" Air liur merupakan cairan sangat pekat yang mengandung protein dan enzim. Ini jauh lebih pekat dari air," imbuhnya.

Dia menjelaskan, air tawar yang kita minum sedikit terkonsentrasi dengan garam dan zat terlarut lain. Inilah kenapa saat kita minum air ketika haus rasanya sangat menyegarkan.

"Itu karena osmosis, ketika air mengalir ke konsentrasi yang lebih tinggi. Jika Anda minum zat yang sedikit terkonsentrasi, tubuh dapat menyerap cairannya dan menjadi terhidrasi atau tidak lagi haus," kata Horovitz.

"Namun jika Anda minum cairan dengan konsentrasi tinggi banyak zat, air di tubuh Anda akan mengalir ke arah zat tersebut dan membuat Anda haus," jelasnya.

Horovitz berkata, cairan yang ada di tubuh manusia konsentrasinya mirip cairan saline seperti pada cairan infus, tetes mata, atau semprotan hidung.

Sementara air liur, bagaimanapun, lebih terkonsentrasi dibanding cairan saline.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X