Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Cara Mengatasi Bau Badan pada Anak Remaja?

Dikatakan dr Cynthia Rindang Kusumaningtyas., Sp.A Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, adanya keringat berlebih disertai dengan banyaknya bakteri di area kulit tersebut, akan menyebabkan bau badan yang kurang sedap.

“Tentunya jika anak mandi secara bersih dan teratur menggunakan sabun, maka kolonisasi bakteri yang ada di kulit tersebut dapat berkurang, sehingga bau badan yang terjadi tidak mengganggu,” ujar dr Cynthia.

Dr Cynthia mengingatkan, untuk mengajarkan anak bisa membersihkan area ketiak dan kemaluan secara lebih baik saat mandi. Selain itu, pastikan baju yang telah digunakan dicuci dengan benar sebelum digunakan kembali, agar bau yang menempel pada baju tersebut benar-benar hilang.

“Saat anak sudah berusia di atas 10 tahun, penggunaan deodoran atau antiperspirant dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

Ia menjelaskan, deodoran berfungsi untuk mengontrol bau yang timbul, sementara antiperspirant membantu mengurangi produksi keringat.

Ada beberapa produk yang memiliki kandungan gabungan dari kedua bahan tersebut. Deodoran dan antiperspirant ini dapat digunakan setiap hari pada area yang berdekatan dengan payudara.

Beberapa ilmuwan menduga adanya hubungan antara penggunaan bahan tersebut dengan kanker payudara.

Kendati demikian, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah kuat yang menyatakan hubungan sebab-akibat antara penggunaan deodoran/antiperspirant dengan munculnya kanker.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/11/13/191251523/bagaimana-cara-mengatasi-bau-badan-pada-anak-remaja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke