Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fenomena Gerhana Bulan Total, Kenapa Bulan Jadi Berwarna Merah?

KOMPAS.com - Gerhana Bulan Total akan terjadi pada hari ini, Selasa (8/11/2022). Namun, ada yang unik dari peristiwa astronomis ini, saat fenomena Gerhana Bulan Total terjadi, warna bulan menjadi merah.

Kenapa bulan berwarna merah saat fenomena Gerhana Bulan Total?

Fenomena Gerhana Bulan Total dijuluki juga sebagai Blood Moon, karena saat peristiwa ini terjadi Bulan berubah menjadi berwarna merah.

Fenomena alam tersebut akan tampak seperti saat langit cerah berwarna biru, lalu menjadi orange atau jingga keemasan saat Matahari terbenam maupun saat Matahari terbit.

Gerhana Bulan Total adalah fenomena astronomis yang terjadi saat seluruh permukaan Bulan tertutup umbra Bumi, dikutip dari situs Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Menurut Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangerang, fenomena Gerhana Bulan Total adalah peristiwa astronomis yang terjadi saat seluruh permukaan Bulan memasuki bayangan inti (umbra) Bumi.

Saat fenomena Gerhana Bulan Total pada fase Bulan memasuki umbra Bumi, maka warna bayangan ini akan cenderung hitam. Seiring Bulan memasuki seluruh bayangan umbra ini, maka warna Bulan akan berubah menjadi kemerahan.

Penyebab bulan berwarna merah saat fenomena Gerhana Bulan Total adalah, karena adanya mekanisme Hamburan Rayleigh yang trejadi pada atmosfer Bumi.

Mekanisme tersebut terjadi saat Gerhana Bulan sama seperti mekanisme Matahari maupun Bulan tampak berwarna kemerahan saat berada di ufuk rendah dan langit yang mempunyai rona jingga, seperti ketika Matahari terbenam maupun terbit.

Spektrum warna dengan panjang gelombang lebih pendek seperti ungu, biru, dan hijau akan dihamburkan ke angkasa, lalu spektrum warna dengan gelombang yang lebih panjang seperti merah, jingga, dan kuning akan diteruskan ke pengamat atau yang melihatnya.

Menurut NASA, selama fenomena gerhana bulan, warna cahaya Bulan akan berubah menjadi merah karena satu-satunya sinar matahari yang mencapai Bulan melewati atmosfer Bumi.

Namun, semakin banyak debu atau awan di atmosfer Bumi selama fenomena Gerhana Bulan Total ini terjadi, maka semakin merah Bulan akan muncul. Seolah-olah semua matahari terbit dan matahari terbenam di dunia diproyeksikan ke Bulan.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/11/08/180300723/fenomena-gerhana-bulan-total-kenapa-bulan-jadi-berwarna-merah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke