Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER SAINS] Pasien Suspek Cacar Monyet di Jawa Tengah | Prakiraan Musim Hujan Lebih Akurat | Fungsi Tulang Hasta | Angka Kematian Penyakit Jantung di Indonesia

KOMPAS.com - Berita populer Sains sepanjang Kamis (4/8/2022) dibuka dengan laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang menyebut satu pasien suspek cacar monyet di Jawa Tengah.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Mohammad Syahril Sp.P, MPH, menyampaikan ada laporan yang menyebut satu warga Jawa Tengah memiliki gejala cacar monyet.

Pasien tersebut masih berstatus sebagai suspek cacar monyet, dan dirawat di salah satu rumah sakit di Jawa Tengah.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan prakiraan musim hujan akan semakin tepat dan akurat ke depannya, termasuk mulai periode tahun 2022-2023.

Tulang hasta adalah salah satu dari dua tulang yang memberi struktur pada lengan bawah. Tulang hasta terletak di sisi berlawanan dari lengan bawah dari ibu jari.

Mengenal apa saja fungsi tulang hasta, menjadi artikel populer Sains sepanjang Kamis.

Angka kematian atau mortalitas dan morbiditas penyakit jantung dan pembuluh darah atau penyakit kardiovaskuler masih tinggi. Hal ini menjadi salah satu tantangan bagi Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (Perki).

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Kamis (4/8/2022) hingga Jumat (5/8/2022).

Pasien suspek cacar monyet di Jawa Tengah

Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril Sp.P, MPH, menyampaikan laporan yang menyebut satu warga Jawa Tengah memiliki gejala cacar monyet.

Pasien tersebut masih berstatus sebagai suspek cacar monyet, dan dirawat di salah satu rumah sakit di Jawa Tengah.

"Masih suspek dan dalam pemeriksaan lanjutan," ujar Syahril seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Kasus tersebut membuat kasus suspek cacar monyet di Indonesia bertambah.

Sebab, sebelumnya, pada 26 Juli 2022 lalu, Kemenkes melaporkan ada 9 kasus yang diduga cacar monyet. Namun, 9 kasus tersebut telah dinyatakan negatif dari infeksi virus cacar monyet setelah dilakukan pemeriksaan.

Lantas, apa itu suspek cacar monyet?

Kemenkes telah menentukan definisi klasifikasi kasus penyakit cacar monyet. Definisi kasus penyakit tersebut menjelaskan secara detail kriteria pasien sesuai kondisi masing-masing.

Semengtara klasifikasi yang ditetapkan di antaranya suspek, probable, konfirmasi, discarded, dan kontak erat.

Suspek adalah orang yang menunjukkan sejumlah gejala penyakit. Pada kasus suspek cacar monyet ini, gejala yang dicurigai seperti ruam akut (papula, vesikel dan/atau pustula) yang tidak bisa dijelaskan pada negara non endemis.

Berita populer Sains tentang pasien suspek cacar monyet di Jawa Tengah ini, selengkapnya dapat dibaca di sini.

BMKG pastikan prakiraan musim hujan lebih akurat

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, prakiraan musim penghujan menjadi lebih akurat dan tepat ini merupakan pengaruh atau manfaat dari zona musim terupdate (ZOM9120).

Zona musim terupdate (ZOM9120) ini merupakan hasil dari kegiatan Pemutakhiran Zona Musim berdasarkan Normal Curah Hujan periode 1991-2020.

Dalam pembukaan Rapat Nasional Prakiraan Musim di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Selasa (2/8/2022), Dwikorita menyebutkan bahwa selama ini BMKG berpatokan pada rata-rata klimatologis tahun 1981-2010.

“Pemutakhiran Zona Musim ini adalah untuk membentuk tolok ukur atau referensi yang dapat digunakan secara luas terhadap kondisi iklim terkini di masing-masing wilayah di seluruh Indonesia,” kata dia.

“InsyaAllah, data dan informasi (prakiraan musim hujan) yang dihasilkan BMKG akan semakin lebih handal, lebih tepat, dan lebih akurat,” tambahnya.

Sebab, menurut Dwikorita, akurasi data dan informasi yang dikeluarkan BMKG sangat penting karena menjadi rujukan dan pijakan banyak sektor. Sedikitnya ada 12 sektor yang membutuhkan data dan informasi tersebut.

Selengkapnya berita populer Sains tentang akurasi prakiraan musim hujan oleh BMKG ini dapat dibaca di sini.

Apa fungsi tulang hasta?

Tulang hasta adalah salah satu dari dua tulang yang memberi struktur pada lengan bawah, dan terletak di sisi berlawanan dari lengan bawah dari ibu jari.

Tulang hasta bergabung dengan humerus di ujungnya yang lebih besar untuk membuat sendi siku dan bergabung dengan tulang karpal tangan di ujungnya yang lebih kecil.

Dilansir dari Healthline, tulang hasta berdiameter 50 persen lebih besar dari radius pada usia 4 hingga 5 bulan.

Saat dewasa, ketika remodeling dan resorpsi selesai, diameter tulang hasta menjadi setengah dari radius.

Seperti dilansir dari Verywell Health, fungsi tulang hasta adalah untuk membantu rotasi. Rotasi ini memungkinkan fungsi maksimal pergelangan tangan dan tangan karena jangkauan gerak yang meningkat.

Satu-satunya gerakan sendi siku adalah fleksi dan ekstensi atau dikenal sebagai menekuk dan meluruskan lengan.

Karena keterbatasan ini, lengan bawah memungkinkan peningkatan gerakan pergelangan tangan dan tangan tanpa menjamin gerakan apa pun dari sendi siku.

Apa saja fungsi tulang hasta secara lengkap dapat disimak di sini.

Angka kematian penyakit jantung di Indonesia

Ketua Umum Perki yang ke-19 pada 30 Juli 2022, yakni dr. Radityo Prakoso, SpJP(K), FIHA, FAPSIC, FAsCC mengatakan, data terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa penyakit jantung koroner dan stroke masih menduduki peringkat pertama dan kedua penyebab kematian utama di dunia.

Adapun jumlah kematian akibat penyakit jantung ini secara global mencapai 18,6 juta orang setiap tahunnya.

Menurut dia, angka kematian tersebut diperkirakan akan terus meningkat menjadi 20,5 juta orang pada tahun 2020 dan 24,2 juta orang meninggal karena penyakit jantung pada tahun 2030.

Sementara penyakit jantung di Indonesia, lanjut dr. Radityo, penyakit kardiovaskular ini juga menduduki peringkat pertama dan penyebab kematian paling tinggi dengan membebani BPJS hingga Rp10 triliun.

"Tingginya angka morbiditas dan mortalitas ini membuat Perki akan bekerja sama dengan Kemenkes dalam mengawal Tranformasi Kesehatan di bidang layanan rujukan untuk cita-cita besar mewujudkan seluruh provinsi mampu pasang ring jantung dan bedah jantung terbuka," imbuh dr. Radityo, Ketua Umum ke-19 Perki.

Sekjen PP Perki dr. Oktavia Lilyasari, SpJP(K), FIHA menambahkan bahwa sebesar 80 persen penyakit jantung dan pembuluh darah ini dapat dicegah.

Berita populer Sains tentang angka kematian akibat penyakit jantung yang masih tinggi di Indonesia ini dapat di baca selengkapnya di sini.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/08/05/070200823/-populer-sains-pasien-suspek-cacar-monyet-di-jawa-tengah-prakiraan-musim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke