Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER SAINS] Telur Cokelat Kinder Ditarik | Aksi Klitih Remaja di Yogyakarta | Mengenal Tanda Kanker Prostat

KOMPAS.com - Peredaran telur cokelat Kinder telah ditarik di tujuh negara di Eropa, karena kemungkinan terkait dengan puluhan kasus Salmonella. Berita ini menjadi salah satu artikel populer Sains sepanjang Rabu (6/4/2022).

Penarikan produk cokelat ini telah diinformasikan oleh perusahaan makanan asalah Italia Ferrero pada Selasa (5/4/2022).

Telur cokelat Kinder adalah salah satu jajanan populer di kalangan anak-anak.

Kendati tidak ada telur cokelat Kinder Surprise yang diisi mainan atau produk lain yang terbukti mengandung bakteri Salmonella, namun Ferrero mengatakan penarikan produk dilakukan sebagai langkah pencegahan.

Berita populer Sains lainnya yakni masih terkait aksi kejahatan jalanan yang terjadi di Yogyakarta, atau yang dikenal dengan istilah klitih.

Aksi klitih remaja di Yogyakarta yang terjadi pada Minggu (3/4/2022) telah menewaskan seorang remaja SMA yang ternyata juga merupakan anak seorang anggota DPRD Kebumen.

Masih terkait penarikan produk telur cokelat Kinder. Penarikan produk cokelat ini dilakukan lantaran diduga mengandung bakteri Salmonella.

Bakteri Salmonella ini hidup di daging, telur, dan bahan makanan mentah. Dilaporkan kasus keracunan Salmonella telah menyebabkan banyak orang dilarikan ker rumah sakit.

Berita populer Sains lainnya terkait kanker prostat. Mengenali tanda-tanda kanker prostat dapat menjadi deteksi dini agar penyakit ini dapat segera tertangani.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Rabu (6/4/2022) hingga Kamis (7/4/2022) pagi ini.

Telur cokelat Kinder ditarik dari peredaran

Penarikan produk cokelat Kinder ini menyangkut produk dari pabrik Ferrero di Kota Arlon, Belgia, yang menjual produk ini di Belgia, Inggris, Perancis, Jerman dan Swedia.

Lantas, apa itu Salmonella?

Salmonella adalah genus bakteri enterobakteria Gram-negatif berbentuk tongkat yang menyebabkan demam tifoid, demam paratipus, dan keracunan makanan.

Spesies-spesies bakteri Salmonella dapat bergerak bebas dan menghasilkan hidrogen sulfida.

Salmonella sendiri juga merupakan bakteri yang hidup di banyak usus hewan ternak. Tetapi, bakteri ini juga dapat hidup di sayuran segar.

Bakteri tertentu dalam kelompok Salmonella dapat menyebabkan infeksi Salmonella. Infeksi Salmonella pada manusia bisa terjadi akibat mengonsumsi makanan atau air yang telah terkontaminasi bakteri ini.

Bakteri salmonella dapat memengaruhi saluran usus dan dapat menyebabkan masalah serius, seperti dehidrasi berat.

Gejala penyakit yang diderita akibat infeksi Salmonella yaitu diare, nyeri perut, demam, mual dan muntah.

Selengkapnya, tentang berita populer Sains, telur cokelat Kinder ditarik karena dugaan mengandung Salmonella dapat disimak di sini.

Aksi klitih remaja di Yogyakarta

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda DI Yogyakarta Kombes Pol Ade Ary Syam, mengatakan pada Minggu sekitar pukul 02.10 WIB, Tim Patroli Sabhara Polda DIY dan Kepolisian Sektor Kotagede menemukan remaja laki-laki di Jalan Gedongkuning, Yogyakarta yang mengalami luka di bagian wajahnya .

Ade berkata, korban saat itu sedang berkendara dengan temannya kemudian berpapasan dengan para pelaku di Jalan Gedongkuning, Yogyakarta.

Tak lama setelahnya pelaku menyabetkan gir yang mengakibatkan luka parah di kepala korban, dan menyebabkan remaja itu harus dilarikan ke rumah sakit oleh polisi yang berpatroli. Akan tetapi, nyawanya tidak dapat diselamatkan.

Menurut Sosiolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM), A.B Widyanta, warga Yogyakarta tidak boleh memakai jurus "aji joyo endo" atau penyangkalan atas kondisi kejahatan jalanan yang terjadi ini.

Terkait klitih tewaskan anak anggota DPRD Kebumen itu, Abe mengatakan bahwa secara etimologi bahasa Jawa, istilah klithih atau klitih adalah jalan-jalan tak tentu arah, jalan-jalan mencari angin, keluyuruan atau melihat-lihat objek yang menarik.

Masyarakat menyematkan istilah klitih ini untuk mengilustrasikan aktivitas sekelompok anak atau remaja yang berkeliling mengendarai motor di malam hari.

Mereka melakukan tindakan kekerasan atau kriminal dengan cara melukai orang lain sebagai objek dari tindakan kejahatannya menggunakan senjata tajam.

Sementara motif dan modus yang dilakukan pelaku klitih beragam. Umumnya, aksi tersebut erat dengan “esprit de corps”, rasa persatuan maupun kepentingan serta tanggung jawab bersama di dalam geng anak dan remaja.

Lebih lengkap tentang ulasan aksi klitih Jogja yang tewaskan remaja ini dapat dibaca di sini.

Diduga telur cokelat kinder ada bakteri Salmonella

Kasus keracunan Salmonella di Eropa merebak. Bahkan di Inggris, pejabat setempat jumlah kasus Salmonella kini meningkat menjadi 63 kasus.

Pihak berwenang Inggris sendiri telah memperingatkan masyarakat pada Sabtu (2/4/2022) tentang produk Kinder yang mungkin memiliki hubungan potensial dengan wabah Salmonella yang mencakup anak-anak, dan mengatakan bahwa Ferrero telah mengeluarkan penarikan produk Kinder sebagai langkah pencegahan.

Salmonella adalah bakteri enterobakteria Gram-negatif berbentuk tongkat.

Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan penyakit di antaranya demam tifoid, demam paratipus dan keracunan makanan.

Berikut beberapa gejala infeksi Salmonella yang perlu diketahui.

  • Diare lebih dari 3 hari
  • Sakit perut
  • Kram perut
  • Nyeri tekan pada perut
  • Demam nyeri otot
  • Mual
  • Muntah
  • Tanda-tanda dehidrasi.

Gejala-gejala infeksi bakteri Salmonella tersebut biasanya berlangsung selama empat hingga tujuh hari.

Untuk mendiagnosis infeksi Salmonella, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik, seperti apakah perut pasien terasa empuk.

Selengkapnya, berita populer Sains tentang gejala infeksi Salmonella yang diduga disebabkan oleh telur cokelat Kinder dapat disimak di sini.

Mengenal tanda kanker prostat

Kanker prostat adalah jenis kanker yang umumnya terjadi pada pria dan merupakan penyakit penuaan, yang risikonya bertambah seiring usia.

Kanker prostat dimulai saat sel-sel di kelenjar prostat mulai tumbuh diluar kendali. Prostat merupakan kelenjar yang hanya ditemukan pada pria, menghasilkan beberapa cairan yang merupakan bagian dari air mani.

Prostat berada di bawah kandung kemih, organ berongga tempat urin disimpan dan didepan rektum, bagian terakhir dari usus.

Menurut The American Cancer Society, hampir semua kanker prostat adalah adenokarsinoma dan kanker ini berkembang dari sel kelenjar, sel yang membuat cairan prostat yang ditambahkan ke air mani.

Jenis kanker lain yang dapat dimulai di prostat meliputi karsinoma sel kecil, tumor neuroendokrin, karsinoma sel transisional, dan sarkoma.

Umumnya, untuk menemukan kanker pada seseorang, akan dilakikan skrining untuk pengujian. Pada beberapa jenis kanker yang diskrining lebih awal, kemungkinan akan lebih mudah diobati.

Kanker prostat sering dapat ditemukan lebih awal dengan menguji kadar antigen spesifik prostat (PSA) dalam darah pria.

Pada kondisi awal, tanda kanker prostat mungkin tidak tampak, namun beberapa kondisi mungkin dapat menunjukkan gejala awal kanker ini.

Selengkapnya berita populer Sains tentang tanda kanker prostat dapat dibaca di sini.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/04/07/070200923/-populer-sains-telur-cokelat-kinder-ditarik-aksi-klitih-remaja-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke