Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ilmu Geografi, Cabang Ilmu, dan Manfaat Belajar Geografi

KOMPAS.com - Mempelajari Bumi kita tidak akan ada habisnya. Berbagai unsur di dalamnya merupakan aspek unik yang memiliki karakteristik tersendiri. Semuanya berinteraksi dengan baik membentuk keharmonisan kehidupan di Bumi.

Ilmu geografi

Ilmu geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang Bumi. Istilah geografi berasal dari Bahasa Yunani, yaitu geo yang berarti Bumi dan graphein yang berarti menggambarkan, mendeskripsikan, ataupun mencitrakan.

Geografi mempelajari segala sesuatu yang ada di Bumi, mulai dari flora, fauna, iklim, udara, hingga lapisan tanah dan laut. Geografi memiliki banyak cabang atau ilmu bantu berdasarkan objek yang dipelajari.

Cabang ilmu geografi

Cabang ilmu geografi sangat luas. Secara umum, geografi terbagi menjadi 4 bidang khusus, yaitu geografi fisik, geografi manusia, geografi regional, dan geografi teknik. Contohnya, cabang atau ilmu bantu geografi yang mempelajari tentang cuaca dan iklim adalah metereologi dan klimatologi.

Berikut adalah beberapa contoh ilmu bantu geografi:

Manfaat ilmu geografi

Belajar geografi memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia, baik secara langsung atau tidak. Berikut adalah beberapa manfaat geografi bagi manusia:

  • Geografi membantu manusia memahami sistem kehidupan di sekitar. Contoh nyatanya adalah mampu memprediksi bencana yang datang dan mengantisipasi kerugian jiwa dan materi.
  • Mempelajari berbagai jenis alam yang tersedia di Bumi dan memaksimalkannya sesuai fungsinya.
  • Memahami bagaimana alam bekerja dan menjadi penduduk Bumi yang baik dengan menunjukkan sikap peduli lingkungan.
  • Geografi manusia dan regional akan membantu kita memahami perbedaan budaya di seluruh dunia dan bagaimana menjaga interaksi yang baik.
  • Meningkatkan kesadaran untuk menjaga lingkungan untuk keberlanjutan jangka pendek dan jangka panjang.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/02/14/210000523/ilmu-geografi-cabang-ilmu-dan-manfaat-belajar-geografi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke