Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fakta tentang HIV/AIDS

KOMPAS.com - Tahukah kamu perbedaan HIV dan AIDS? Banyak yang mengira keduanya adalah penyakit yang sama. Padahal, walau saling berhubungan. Keduanya adalah kondisi yang berbeda. Baca terus artikel ini untuk tahu lebih banyak fakta tentang HIV/AIDS.

1. HIV adalah penyakit menular

HIV adalah singkatan dari human immunodeficiency virus. HIV merupakan penyakit yang menyerang CD4, yaitu salah satu bagian dari sistem imun manusia. Dengan sistem imun yang lemah akibat diserang HIV, pasien HIV akan mudah terkena infeksi oportunistis atau infeksi sekunder. Oleh karena itu, gejala yang ditunjukkan oleh pasien HIV sangat bervariasi.

Beberapa contoh gejala infeksi HIV antara lain, influenza, berat badan turun, demam, diare, hingga penyakit yang lebih parah seperti tuberkulosis dan meningitis. Namun, pasien HIV juga bisa hidup tanpa menunjukkan gejala apapun.

2. AIDS berbeda dengan HIV

AIDS adalah singkatan dari acquired immunodeficiency syndrome. AIDS adalah kondisi yang bisa menyerang pasien HIV dengan CD4 berada di bawah 200 dan menimbulkan kumpulan gejala yang mengganggu kualitas hidup.

Pasien HIV tidak selalu terkena AIDS. Jika pasien HIV terdeteksi sejak awal dan terus melakukan perawatan, pasien HIV bisa hidup normal dan tercegah dari AIDS.

3. HIV tidak bisa disembuhkan

Hingga saat ini, dunia belum menemukan obat yang bisa menyembuhkan HIV secara total. Namun, terdapat obat yang mampu mengontrol HIV, yaitu obat antiretroviral (ART).

Obat ART mampu menekan replikasi virus dalam tubuh pasien, sehingga membantu memperkuat sistem imun pasien. Dengan begitu, pasien HIV akan terhindar dari infeksi oportunistis.

4. HIV/AIDS menjadi masalah kesehatan dunia

HIV/AIDS menjadi masalah kesehatan publik di seluruh negara. Dilansir dari World Health Organization (WHO), diperkirakan lebih dari 37,7 juta orang di dunia hidup dengan HIV pada akhir tahun 2020. Lebih dari dua per tiga dari total orang yang terkena HIV berasal dari Afrika.

Tingkat kematian akibat HIV/AIDS cukup tinggi. Pada tahun 2020, tercatat sekitar 680.000 orang meninggal akibat HIV. Selain itu, kasus baru HIV pada tahun 2020 diperkirakan mencapai 1,5 juta jiwa.

5. HIV bisa dicegah

Walaupun penyakit menular, HIV adalah penyakit yang bisa dicegah. Berikut adalah rekomendasi WHO untuk mencegah penularan HIV:

  • Menggunakan pengaman ketika berhubungan seksual
  • Menghindari berganti-ganti pasangan
  • Melakukan tes HIV dan penyakit menular seksual lainnya
  • Menghindari penggunaan jarum suntik bekas
  • Mencegah transmisi HIV dari ibu ke anak
  • Melakukan sunat atau sirkumsisi
  • Jika terpapar faktor risiko, Anda bisa mengonsumsi ART sebagai pencegahan.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/02/12/173400023/5-fakta-tentang-hiv-aids

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke