Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER SAINS]: Belajar dari Serial Layangan Putus Sudah Menikah Berselingkuh | Fakta Gempa Halmahera Utara

KOMPAS.com - Serial Layangan Putus, belakangan menjadi tayangan yang banyak diperbincangkan di media sosial. Isu seputar perselingkuhan ini pun menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Senin (10/1/2022) hingga Selasa (11/1/2022).

Serial Layangan Putus adalah drama yang berkisah tentang perselingkuhan dalam rumah tangga. Drama tersebut diperankan oleh Putri Marino, Reza Rahardian dan Anya Geraldine.

Isu perselingkuhan dalam rumah tangga yang hadirkan dalam web series tersebut menarik perhatian warganet.

Selain berita populer tersebut, dua gempa Halmahera Utara yang terjadi pada Senin pagi juga menjadi salah satu berita yang menarik pembaca Kompas.com. Gempa bumi yang terjadi dua kali di wilayah tersebut masing-masing berkekuatan M 5,2 dan M 5,4.

Ada lima fakta gempa Halmahera Utara yang diungkapkan Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geosfisika (BMKG) Daryono.

Bagaimana ular membuat bisa beracunnya, juga menjadi ulasan populer Sains sepanjang Senin. Ular adalah reptil yang dikenal memiliki bisa, yang digunakannya untuk melumpuhkan mangsa maupun melindungi diri dari predator.

Hiu megalodon adalah predator penguasa lautan dan merupakan hiu terbesar. Namun, selama ini keberadaannya banyak disebut telah punah.

Berikut ini beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Senin (10/1/2022) hingga Selasa (11/1/2022) pagi.

Belajar dari Serial Layangan Putus, kenapa orang berselingkuh?

Serial Layangan Putus adalah drama yang diambil dari kisah nyata yang pernah ramai di media sosial melalui tulisan akun Mommi Asf.

Namun, setelah ramai, unggahan tersebut kemudian dihapus, lalu dimuat dalam sebuah buku dan dikemas menjadi tayangan serial web series.

Dalam serial tersebut, dikisahkan Kinan (Putri Marino) seorang ibu dari seorang anak bernama Rayya (Graciella Abigail) yang memiliki suami bernama Aris (Reza Rahardian).

Dikisahkan dalam serial Layangan Putus ini, kehidupan rumah tangga keluarga kecil tersebut awalnya baik-baik saja, bahkan banyak orang-orang terdekat dan kerabat mereka yang iri dengan keharmonisan rumah tangga mereka.

Akan tetapi akhirnya, Aris, sang suami ketahuan selingkuh dengan perempuan lain bernama Lydia Danira yang diperankan Anya Geraldine.

Belajar dari kisah Layangan Putus ini, artikel ini mengulas mengapa pasangan yang sudah menikah banyak yang selingkuh. Selengkapnya artikel populer Sains ini dapat disimak di sini.

5 fakta gempa Halmahera Utara

Dua gempa bumi mengguncang wilayah Halmahera Utara, Senin (10/1/2022) pagi, masing-masing berkekuatan M 5,2 yang terjadi pada pukul 04.27 WIB dan M 5,4 pada pukul 04.59 WIB.

Sebelumnya, Halmahera Utara juga diguncang gempa tektonik pada 8 dan 9 Januari lalu, dengan kekuatan M 5,1 dan M 4,5.

Sejauh ini, wilayah tersebut telah diguncang empat gempa di awal tahun 2022, dengan aktivitas gempa yang signifikan dalam tiga hari berturut-turut.

BMKG beberkan lima fakta gempa Halmahera Utara di antaranya gempa terkuat yang terjadi dengan kekuatan magnitudo 5,4. Berpusat di darat pada kedalaman 10 km.

Gempa dangkal yang diakibatkan aktivitas sesar aktif dengan mekanisme pergerakan mendatar.

Selengkapnya mengenai fakta gempa Halmahera Utara yang menjadi salah satu berita populer Sains ini dapat dibaca di sini.

Bagaimana cara ular memproduksi bisa yang mematikan?

Kemampuan ular membuat bisa yang mematikan ini, dilansir dari BBC Science Focus Magazine, ternyata dibuat oleh organ yang berevolusi dari kelenjar ludah.

Air liur biasa mengandung enzim untuk membantu mencerna makanan saat dikunyah dan seleksi alam memberikan ular lebih banyak enzim beracun dalam air liur mereka.

Lantas, bagaimana bisa ular dapat membunuh dengan cepat?

Ular tidak memiliki cakar atau rahang yang kuat untuk menangkap mangsanya.

Jika racun ular tidak membunuh dengan cukup cepat, maka mangsanya bisa melarikan diri, bersembunyi, dan lolos dari jangkauan ular.

Ular berada dalam perlombaan evolusioner dengan mangsanya, yang mengembangkan resistensi yang semakin besar terhadap racun ular.

Oleh karenanya, ular telah beradaptasi dengan ini dengan mengembangkan racun yang mengandung campuran beberapa ratus enzim dan protein berbeda.

Informasi selengkapnya tentang berita populer Sains, cara ular memproduksi bisa beracunnya dapat disimak di sini.

Apakah hiu megalodon benar-benar sudah punah?

Hiu megalodon adalah hiu terbesar yang pernah hidup di Bumi dan ia punah pada hampir 3 juta tahun yang lalu.

Namun, dalam film The Meg, terungkap fakta bahwa seekor megalodon hidup menyendiri dan masih bersembunyi di kedalaman Samudra Pasifik.

Kendati demikian, benarkan hiu megalodon masih hidup?

Para ilmuwan telah mengetahui dengan pasti bahwa megalodon sudah lama hilang. Mereka cukup yakin bahwa hiu ini benar-benar sudah punah.

Fosil megalodon paling melimpah adalah gigi, yang memiliki tampilan khas.

Tempat ditemukannya fosil gigi megalodon dapat membantu ilmuwan merekonstruksi ukuran hiu yang telah punah dan tempat tinggalnya.

Seperti apa analisis ilmuwan untuk menegaskan bahwa hiu megalodon sudah punah, selengkapnya informasi populer Sains ini dapat dibaca di sini.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/01/11/070100623/populer-sains-belajar-dari-serial-layangan-putus-sudah-menikah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke