Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gempa Terkini: Gempa Selatan Jawa Timur M 5,3, Guncangan Kuat Terasa di Blitar

KOMPAS.com - Gempa hari ini bermagnitudo M 5,3 mengguncang wilayah selatan Jawa Timur pagi ini pukul 09.21 WIB, Jumat (22/10/2021).

Berdasarkan hasil analisis gempa terkini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw=5,1.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,81 derajat LS; 112,49 derajat BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 75 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 98 km.

Bambang berkata, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa tektonik di selatan Jawa Timur yang terjadi ini merupakan jenis gempa bumi menengah.

Gempa Selatan Jawa Timur itu terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Bambang.

Kendati lokasi pusat gempa di selatan Jawa Timur tersebut berada di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Namun, sejumlah wilayah di sekitar pusat gempa memang merasakan dampak getaran akibat guncangan gempa bumi yang terjadi.

Seperti, di daerah Blitar, masyarakat merasakan getaran akibat guncangan gempa bumi ini dengan skala intensitas III-IV MMI, di mana bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Selanjutnya di daerah Ponorogo, Malang, Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Lumajang, Jember, Trenggalek merasakan getaran gempa bumi ini dengan skala intensitas II-III MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," ujarnya.

Sementara itu, hasil monitoring gempa BMKG hingga pukul 09.43 WIB, Jumat, 22 Oktober 2021, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Namun, upayakan juga agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa tektonik yang terjadi di selatan Jawa Timur yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/10/22/115500823/gempa-terkini-gempa-selatan-jawa-timur-m-53-guncangan-kuat-terasa-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke