Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kamasutra Satwa: Kibaskan Ekornya ke Samping, Tanda Anjing Betina Siap Kawin

Demi menjaga kesehatan dan ras anak anjing, penting bagi pet parents mengetahui kapan waktu yang tepat bagi anjing untuk kawin.

Masa kawin dan kehamilan pada anjing bisa terjadi selama heat cycle berlangsung.

Melansir Vet West, Rabu (28/7/2021), heat cycle merupakan siklus pubertas pada anjing betina yang biasa terjadi di sekitar usia enam bulan.

Pada anjing ras kecil, mereka akan mengalami heat cycle lebih cepat, yaitu pada usia empat bulan. Sementara pada ras anjing besar hingga raksasa, bisa menunggu hingga mereka berusia delapan belas bulan hingga dua tahun untuk mengalami heat cycle.

Heat cycle terjadi dua kali dalam setahun. Pada ras anjing raksasa seperti Great Danes, Irish Wolfhounds, St Bernard dan lainnya, mereka mengalami heat cycle setiap satu sampai satu setengah tahun sekali.

Setiap anjing memiliki panjang heat cycle yang berbeda-beda. 

Ada empat tahapan yang akan dilalui anjing di masa heat cycle, pertama proestrus. Rata-rata ini terjadi selama tujuh hingga sepuluh hari. Namun, bisa juga berlangsung dari empat hingga dua puluh hari.

Tahap ini dicirikan dengan adanya pembengkakan vulva dan puting secara signifikan. Ciri ini adalah yang paling mudah menandakan bahwa anjing sedang dalam heat cycle.

Anjing juga akan lebih sering menjilati vulva yang mungkin mengeluarkan darah. 

Di sisi lain, muncul juga tanda eksternal, seperti anjing jantan yang mulai kerap berkeliaran di sekitar anjing betina.

Tapi pada tahap ini, umumnya betina masih belum siap menerima anjing jantan, sehingga mereka sering menyelipkan ekornya untuk melindungi diri.


Tahap kedua, yaitu estrus akan bertahan selama lima sampai empat belas hari. Akan ada perbahan warna pada vagina, dari merah menjadi warna jerami.

Berbeda dengan tahap proestrus, di tahap ini, anjing betina sudah berani menerima kehadiran pejantan. Ini terlihat dari ekor mereka yang cenderung diarahkan ke samping.

Sementara anjing jantan cenderung akan menggigit, ketika mereka ingin kawin. 

Jika Anda memelihara anjing dan belum menginginkan anak anjing, ada baiknya hindari membawa anjing ke tempat ramai, karena proses perkawinan anjing betina dan anjing jantang bisa terjadi di mana saja, bahkan melalui lubang pagar.

Selanjutnya adalah tahap diestrus, yang akan berlangsung sekitar enam puluh sampai sembilan puluh hari.

Masa subur anjing sudah terlewat ketika sudah memasuki tahap ini. Vagina juga kembali pada kondisi normal.

Namun, anjing betina masih bisa menarik perhatian anjing jantan dalam masa ini.

Tahap terakhir adalah anestrus. Sama seperti tahap diestrus, tahap ini akan berlangsung selama enam puluh hingga sembilan puluh hari.

Setelah tahap ini berakhir, heat cycle akan kembali ke tahap awal yaitu proestrus.

Agar proses perkembang biakan bisa lebih optimal, sebaiknya perkawinan berlangsung pada hari kesepuluh atau kesebelas proses tahap estrus anjing betina.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/29/200500523/kamasutra-satwa--kibaskan-ekornya-ke-samping-tanda-anjing-betina-siap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke