Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peringatan Dini BMKG, Waspada Gelombang Tinggi 4 Meter hingga 1 April

KOMPAS.com- Hingga 1 April 2021 mendatang, sejumlah wilayah perairan di Indonesia harus waspada adanya potensi gelombang tinggi yang bisa mencapai ketinggian 4 meter.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gelombang tinggi ini disebabkan oleh sirkulasi udara dan pola angin.

Peringatan dini gelombang dini dikeluarkan BMKG karena hasil pemantauan menunjukkan terdapat sirkulasi udara di Selat Karimata, Laut Banda dan Samudera Pasifik utara Halmahera.

Pengaruh kedua adalah gerakan pola angin di wilayah perairan Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari Timur Laut-Timur dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. 

Selain itu, kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan utara Sabang, Selat Malaka bagian utara dan Laut Arafuru.

Kondisi-kondisi inilah yang mengakibatkan tinggi gelombang mencapai kategori tinggi yaitu capai 4 meter di sekitar wilayah tersebut dan perairan lainnya pada 30 Maret 2021 hingga 1 April 2021.

Gelombang tinggi 1,25-2,50 meter (kategori sedang)

Gelombang tinggi 2,50- 4,0 meter (kategori tinggi)

  • Perairan utara Sabang
  • Perairan barat Aceh
  • Selat Malaka bagian utara
  • Perairan barat Nias hingga Kepulauan Mentawai
  • Samudra Hindia barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai
  • Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga Timur
  • Laut Arafuru

Saran Keselamatan

Potensi gelombang tinggi ini dapat memperbesar risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran dan masyarakat yang tinggal serta beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi itu haruslah tetap waspada.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan berlayar di perairan yang berpeluang terjadi gelombang tinggi tersebut.

Sehingga perahu nelayan, perlu waspada ketika kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Selanjutnya, kapal tongkang perlu waspada ketika  kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Bagi kapal ferry perlu waspada ketika kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Terakhir, untuk kapal berukuran besar seperti Kapal kargo atau Kapal Pesiar, perlu waspada ketika kecepatan angin lebih dari 27 knot dan gelombang tinggi di  atas 4,0 meter.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/03/30/173000823/peringatan-dini-bmkg-waspada-gelombang-tinggi-4-meter-hingga-1-april

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke