Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bersihkan Gigi jadi Keseharian Manusia Purba Neanderthal, Ini Buktinya

KOMPAS.com- Selama ini kita menduga jika kehidupan manusia purba kasar, primitif dan jauh dari kata bersih. Namun bukti arkeologi yang berkembang di Eropa menunjukkan bahwa Neanderthal ternyata memiliki cukup akal sehat dan intuisi untuk membersihkan gigi mereka.

Menurut peneliti, Neanderthal akan menggunakan tusuk gigi dengan cara mengorek makanan dari mulut mereka.

Hal tersebut terungkap setelah peneliti melakukan analisis sebuah gigi yang ditemukan di sebuah gua di Polandia pada 2010 yang lalu.

Seperti dikutip dari Science Alert, Senin (29/3/2021) peneliti menemukan bekas-bekas alur pada gigi geraham, menunjukkan gerakan keluar-masuk dari tusuk gigi.

Pengukuran gigi premolar atas serta penanggalan radiokarbon menunjukkan bahwa gigi merupakan miliki dari seorang pria Neanderthal berusia 30-an yang membersihkan giginya dengan cara itu sejak 46.000 tahun yang lalu.

"Tampaknya pemilik gigi membersihkan mulutnya. Mungkin di antara dua gigi terakhir ada sisa makanan yang harus dihilangkan," jelas arkeolog Wioletta Nowaczewska dari Universitas Wroclaw, Polandia.

"Kami tak tahu dia membuat tusuk gigi dari apa. Apakah sepotong ranting atau tulang. Tetapi itu pasti benda silinder yang cukup kaku yang cukup sering digunakan individu sehingga meninggalkan jejak yang jelas," lanjutnya.

Menurut Henry Petroski, penulis buku tentang tusuk gigi, instrumen sederhana tersebut adalah salah satu alat yang paling nyaman dan mudah dimiliki manusia, tanpa memerlukan bagian untuk dirakit, perawatan, dan instruksi untuk digunakan.

Studi terhadap temuan gigi juga memungkinkan peneliti untuk melakukan analisis 2D dan 3D dari enamel gigi yang umumnya lebih tipis dibandingkan dengan Homo sapiens.

Sementara itu, bukti-bukti lain terkait dengan kebersihan gigi manusia purba pun sebenarnya telah ditemukan di beberapa tempat lalin di Eropa.

Pada 2017, arkeolog mengumumkan penemuan gigi Neanderthal yang unik, menunjukkan sisa-sisa penatahan dan mencabut gigi. Kemungkinan itu merupakan cara untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi.

Selain itu pada 2013, gigi Neanderthal yang lebih tua di Spanyol. Peneliti menemukan pecahan kayu tersangkut di antara dua gigi geraham.

Studi tentang manusia purba Neanderthal juga bersihkan gigi telah dipublikasikan di Journal of Human Evolution.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/03/29/200300723/bersihkan-gigi-jadi-keseharian-manusia-purba-neanderthal-ini-buktinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke