Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Paham Caranya Barter, Kera Bali Curi Barang untuk Ditukar Makanan

KOMPAS.com- Sebuah penelitian mengungkap kera ekor panjang yang tinggal di sekitar Pura Uluwatu, Bali sengaja mencuri barang berharga milik wisatawan supaya bisa ditukar dengan makanan.

Kera-kera ini diketahui sering mencuri barang dari manusia yang berkunjung seperti tas, topi, kacamata hitam, tablet, dan telepon.

Kera kemudian akan menahannya beberapa saat sebelum akhirnya wisatawan menawarkan makanan sebagai pengganti barang yang mereka ambil.

Namun menariknya, menurut peneliti, para kera ekor panjang tersebut cukup cerdas memahami barang mana yang memiliki nilai tinggi serta memberikan keuntungan terbaik saat ditukar dengan makanan, misalnya saja seperti barang elektronik.

Kera-kera kemudian baru akan melepaskan benda-benda yang dibawanya saat menerima makanan yang mereka anggap memiliki nilai yang sesuai, di antaranya telur mentah, buah, dan kerupuk.

Peneliti menyebut jika perilaku tersebut menunjukkan proses pengambilan keputusan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya di antara kera.

Seperti dikutip dari CNN, Senin (18/1/2021) tim dari Universitas Lethbridge, Kanada dan Universitas Udayana Bali menghabiskan 273 hari di pura Bali dan mencatat lebih dari 2000 interaksi antara monyet, kera ekor panjang dan wisatawan.

Peneliti memfilmkan kera saat mereka menatap pengunjung, mendekati, mengambil sebuah benda, dan kemudian melangkah pergi menunggu barter yang sesuai dengan benda yang mereka curi.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Philosophical Transactions of the Royal Society juga menyebut kalau kemampuan kera mempelajari nilai barang meningkat seiring bertambahnya usia.

Peneliti mengamati kera yang lebih muda tak membedakan antara barang yang diambil dengan makanan yang diberikan.

Sementara pada kera dewasa, mereka akan menolak memberikan barang jika makanan yang diberikan tidak sesuai nilai pertukaran.

Kera dewasa juga diketahui akan mengumpulkan beberapa makanan terlebih dahulu sebelum mengembalikan barang yang diketahui merupakan barang berharga bernilai tinggi.

"Praktik ini mungkin merupakan contoh pertama dari menahan barang untuk tujuan ekonomi pada hewan liar (kera ekor panjang)," tulis peneliti dalam laporannya.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/01/19/190400023/paham-caranya-barter-kera-bali-curi-barang-untuk-ditukar-makanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke