Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gempa Hari Ini: M 5,4 Guncang Sumatra Utara Terasa hingga Aceh Singkil

KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik berkekuatan M 5,4 mengguncang wilayah Sumatera Utara pada pukul 02.48 WIB, Jumat (4/12/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,2.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,10 LU dan 98,13 BT.

Lokasi tepatnya berada di darat pada jarak 41 kilometer arah Barat Daya Kabupaten Karo Sumatera Utara pada kedalaman 133 kilometer.

Rahmat berkata, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas subduksi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan  Naik dengan kombinasi geser (oblique-thrust)," ujarnya.

Kendati lokasi gempa bumi ini berada di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa tidak ada potensi tsunami.

Namun, guncangan gempa ini dirasakan di Sidikalang dan Aceh Singkil dengan skala intensitas III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Rahmat mengingatkan, meskipun hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut, tetapi jika ada, masyarakat harus menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Selain itu, hasil monitoring BMKG juga menunjukkan bahwa belum ada aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock, hingga pukul 03.25 WIB, Jumat (4/12/2020).

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tuturnya.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/12/04/103311523/gempa-hari-ini-m-54-guncang-sumatra-utara-terasa-hingga-aceh-singkil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke