Salin Artikel

Rahasia Alam Semesta: Apa Itu Galaksi dan Bagaimana Terbentuknya?

KOMPAS.com- Di alam semesta ini, Tata Surya yang terdiri dari Matahari, satelit alam seperti bulan, berbagai benda lain, hingga sembilan planet, termasuk Bumi yang kita tinggali adalah bagian dari sebuah galaksi.

Galaksi yang kita tinggali ialah salah satu dari di antara banyak galaksi yang ada di alam semesta ini.

Lantas, apa itu galaksi?

Galaksi adalah sekumpulan besar gas, debu, dan miliaran bintang, serta tata surya mereka, yang semuanya disatukan oleh gravitasi.

Dikutip dari NASA Science, Jumat (20/11/2020) galaksi yang kita tinggali ini dikenal sebagai Galaksi Bima Sakti, yang memiliki lubang hitam supermasif di tengahnya.

Ada banyak sekali galaksi, selain dunia yang kita tinggali. Salah satu galaksi yang bisa kita lihat adalah Bima Sakti, di mana saat melihat bintang di langit malam, maka kita sedang melihat galaksi ini.

Jika benar-benar gelap, jauh dari cahaya dari kota dan rumah, Anda bahkan dapat melihat pita berdebu galaksi Bima Sakti membentang di langit.

Ada sangat banyak galaksi dan bahkan kita saat ini belum bisa menghitung semuanya. Bahkan, teleskop luar angkasa Hubble dapat mengamati sepetak kecil ruang angkasa selama 12 hari dan menemukan 10.000 galaksi, dengan berbagai ukuran, bentuk, dan warna.

Beberapa ilmuwan mengira mungkin ada sekitar seratus miliar galaksi di alam semesta.

Bentuk galaksi Bima Sakti

Dari miliaran galaksi, tentu tak memiliki bentuk yang sama. Bentuk galaksi ada yang melengkung dan terlihat seperti kincir membuat beberapa galaksi akan terlihat seperti spiral, yaitu galaksi yang mirip dengan galaksi kita.

Kemudian ada galaksi elips yang berbentuk halus dan lonjong. Bahkan, ada juga galaksi yang bukan spiral atau oval. Bentuknya cenderung tidak beraturan dan terlihat seperti gumpalan.

Cahaya yang kita lihat dari masing-masing galaksi ini berasal dari bintang-bintang yang ada di dalamnya.

Terkadang galaksi yang berada saling berdekatan dapat saling bertabrakan. Galaksi Bima Sakti juga memiliki tetangga terdekat yakni Galaksi Andromeda, yang tentunya suatu saat akan bertemu.

Akan tetapi, hal ini tidak perlu di khawatirkan, sebab hal itu tidak akan terjadi selama sekitar lima miliar tahun. Sangat lama bukan?

Bagaimana dengan bentuk galaksi Bima Sakti yang kita tempati ini?

Dikutip dari UCLA Galactic Center Group, galaksi yang kita tinggali ini berbentuk spiral, bentuknya seperti cakram dengan struktur yang berputar dan datar bisa dikatakan seperti DVD jika hanya dilihat dari tepinya saja.

Bahkan ada sebagian besar bintang-bintang tua yang tampak menonjol di bagian tengah.

Jika memiliki kesempatan melihat galaksi spiral secara langsung, maka Anda dapat melihat lengan spiral yang indah tempat bintang-bintang dilahirkan.

Sedangkan tata surya kita berada di lengan Orion, dan berada sekitar 25.000 tahun cahaya dari pusat galaksi. Saat ini, kita berada pada bidang datar Bima Sakti yang ada di salah satu dengan spiral tata surya.

Sebenarnya bisa saja kita melihat bidang padat pada galaksi Bima Sakti yang membentang di langit pada tempat gelap yang tentunya tidak memiliki banyak polusi cahaya di sekitarnya.

Cahaya gabungan dari jutaan bintang yang disebut dengan cahaya difus, yang berasal dari bintang ini tertutup awan debu yang besar, sehingga ada bercak gelap.

Debu dan gas adalah material pembentukan bintang, dan sebagian besar bintang terbentuk di dalam lengan spiral.

Pada intinya, kita tidak dapat benar-benar melihat pusat galaksi dengan mata kita karena ada debu yang menghalangi.

Pusat Bima Sakti dikenal sebagai pusat galaksi memiliki berbagai benda langit yang sangat eksotis yang telah membuat penasaran para astronom selama beberapa dekade.

Beberapa di antaranya termasuk lubang hitam supermasif yang tidak bergerak, kumpulan filamen magnetik tipis, beberapa superkluster bintang padat yang menampung bintang misterius dan masif, dan keluarga pita gas yang berputar menuju pusat massa gelap.