Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Anak Perlu Minum Suplemen Vitamin?

KOMPAS.com - Berbagai cara dilakukan untuk menjaga kesehatan anak. Apalagi, di masa pandemi Covid-19.

Salah satunya dengan memberikan suplemen vitamin, agar daya tahan tubuh tetap terjaga, sehingga tak mudah sakit.

Namun, menurut dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, pada dasarnya bagi anak-anak yang sehat dan tumbuh dengan normal, pemberian multivitamin secara rutin tidak diperlukan.

Makanan dengan kandungan nutrisi yang bervariasi dan seimbang merupakan sumber alami yang baik bagi kebutuhan harian vitamin dan mineral anak.

“Vitamin dan mineral banyak terkandung pada bahan makanan sumber karbohidrat (terutama biji-bijian), protein (daging, ayam, ikan, dan telur), serta berbagai buah, dan sayuran segar.,” katanya kepada Kompas.com.

“Selain itu, berbagai makanan jadi seperti sereal dan susu formula pada umumnya sudah difortifikasi dengan berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin B, D, kalsium, dan zat besi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak,” imbuhnya.

Cynthia melanjutkan, ada beberapa kondisi di mana anak membutuhkan pemberian multivitamin, misalnya anak yang mengalami gagal tumbuh, sangat pemilih soal makan, mengalami penyakit kronik, atau alergi makanan tertentu (misalnya alergi susu), serta anak-anak yang memiliki jenis makanan terbatas seperti vegan.

Idealnya, pemberian multivitamin secara rutin sebaiknya didiskusikan dahulu dengan dokter yang biasa menangani anak, agar pilihan jenis suplemen dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak, serta tidak terjadi risiko toksisitas akibat pemberian vitamin yang berlebihan.

Bentuk suplemen yang tersedia di pasaran bermacam- macam, dapat berupa sirup, tablet/kapsul lunak, maupun gummies.

Rasa suplemen multivitamin yang manis seperti permen, seringkali membuat anak ingin mengonsumsinya terus-menerus. Padahal, ada dosis harian yang harus dipatuhi.

“Sesuaikan pilihan bentuk suplemen sesuai kebisaan/kemauan anak, namun pastikan pemberian suplemen tersebut sesuai dosis yang dianjurkan,” ujar Cynthia.

Selain itu, penting bagi orangtua untuk menyimpan suplemen di tempat yang sulit dijangkau anak, agar tidak berisiko toksisitas, akibat anak mengonsumsinya secara berlebihan seperti permen.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/10/27/110300723/apakah-anak-perlu-minum-suplemen-vitamin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke