Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ilmuwan Ungkap Taktik Cerdik Virus Hindari Sistem Kekebalan

KOMPAS.com - Para ilmuwan University of Otago, Selandia Baru mencoba meneliti bagaimana virus dapat menghindari sistem kekebalan.

Tujuan penelitian ini diharapkan dapat membantu mempelajari lebih dalam tentang virus corona baru penyebab Covid-19.

Penelitian baru-baru ini, seperti dikutip dari Science Daily, Jumat (14/8/2020), dipimpin oleh Dr Mihnea Bostina dan Sai Velamoor, mahasiswa PhD dari Departemen Mikrobiologi dan Imunologi dan Pencitraan Mikro dan Nano Otago, Mikroskopi Elektron.

Peneliti secara khusus mengamati virus Oryctes rhinoceros nudivirus (OrNV), agen bikontrol penting pada Kumbang Tanduk Kelapa, hama yang merusak pohon kelapa dan kelapa sawit di Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik.

Uniknya, para ilmuwan Otago menemukan bahwa virus tersebut menggunakan strategi umpan untuk menghindari sistem kekebalan.

Dr Bostina menjelaskan bahwa temuan itu merupakan langkah kecil dalam upaya memahami penyakit menular.

Saat ini, tim peneliti menggunakan teknik yang sama untuk menyelidiki perubahan pada sel yang terinfeksi virus corona yang menyebabkan Covid-19.

"Kami telah menggunakan teknik yang sama untuk menyelidiki perubahan sel yang terinfeksi SARS-CoV-2," ungkap Dr Bostina.

Taktik cerdik virus menginfeksi sel

Lebih lanjut Dr Bostina menjelaskan virus yang mereplikasi dan berkumpul di dalam nukleus telah mengembangkan pendekatan khusus untuk mengubah lanskap nuklir.

Untuk menyelidiki perubahan seluler yang terjadi selama infeksi nudivirus, peneliti menggunakan mikroskop elektron. Selanjutnya, mereka menemukan mekanisme unik dari cara kerja virus.

"Studi kami mengungkapkan bahwa virus memperoleh membran di dalam inti sel yang terinfeksi dan dilengkapi fitur untuk menginfeksi sel baru," jelas Dr Bostina.

Namun, kata dia, hal ini berbeda dengan virus lain yang memperoleh membrannya dari kompartemen seluler lain, seperti virus corona, yang juga memiliki selimut membran.

"Setelah terkumpul semuanya, virus menggunakan taktik cerdik untuk melewati lingkungan yang berbeda, dikemas dalam berbagai struktur membran hingga dilepaskan di membran sel inang," papar Dr Bostina.

Sai Velamoor mengatakan strategi ini menyiratkan bahwa banyak virus yang dilepaskan oleh sel yang terinfeksi akan menuntuk membran sel saat berjalan di dalam organisme yang terinfeksi.

Ini artinya, mereka akan melewati sistem kekebalan dan menggunakan umpan membran ini untuk menembus sel-sel lain, tanpa memerlukan reseptor khusus virus.

"Untuk pertama kalinya, ini menunjukkan strategi cerdas pada virus serangga. Ini akan menarik untuk menemukan jenis virus lainnya, seperti virus yang menginfeksi manusia, yang juga mampu melakukan proses serupa," jelas Velamoor.

Dalam penelitian ini, imbuh Dr Bostina, menunjukkan cara lain di mana virus mampu membajak sel yang terinfeksi. Penemuan tersebut mengingatkan para ilmuwan tentang mekanisme baru penularan virus.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/08/14/170100723/ilmuwan-ungkap-taktik-cerdik-virus-hindari-sistem-kekebalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke