Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Forum Transportasi Cerdas Se-Asia Pasifik

Kompas.com - 24/05/2024, 05:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia siap menjadi tuan rumah Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik atau The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum pada 28 Mei 2024 hingga 30 Mei 2024.

Berlokasi di Jakarta Convention Center (JCC), forum dua tahunan tersebut Mengambil tema “Transformation Towards A Sustainable and Intelligent Urban Mobility”.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, forum ini bertujuan untuk mempertemukan dan memberi ruang kepada stakeholders, experts, pemangku kebijakan, dan industri.

Forum ini juga berguna sebagai tempat pengembang teknologi saling bertukar ide, berbagi inovasi, serta mendiskusikan kemajuan terbaru dalam ITS.

Baca juga: Aeon Mall Terbesar di Asia Tenggara, Resmi Dibuka di Kota Deltamas

“Pada pertemuan ini akan dilakukan pertukaran pengetahuan, berbagi pengalaman, praktik, dan pelajaran terkait penerapan ITS di negara-negara Asia Pasifik, termasuk mengeksplorasi mekanisme pendanaan dan investasi dalam penerapan ITS di Asia Pasifik untuk mewujudkan sistem transportasi berkelanjutan,” katanya.

Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik ini akan diikuti menteri transportasi atau perwakilan dari negara-negara kawasan Asia Pasifik, duta besar negara asing di Jakarta, pimpinan BUMN dan BUMD, kepala daerah, pimpinan organisasi internasional, serta pimpinan sektor swasta.

Adapun rangkaian acara yang digelar antara lain Opening Ceremony, High Level Roundtable, Plenary Session, High-Level Panel, Special Interest Session, Exhibition, Technical Tour, serta Gala Dinner.

Budi berharap, forum tersebut harus menjadi momentum bagi pemangku kepentingan transportasi di Indonesia untuk terus melakukan transformasi ke arah yang lebih baik.

"Inisiatif ini juga menandakan langkah konkret dari pernyataan bersama yang disepakati yaitu percepatan pengembangan dan penerapan solusi ITS di Indonesia, untuk membuka jalan bagi pembangunan transportasi yang lebih berkelanjutan dan efisien,” tandas Presiden ITS Indonesia William Sabandar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com