Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Resmikan Inpres Jalan Daerah Ruas Muntilan-Keningar

Kompas.com - 22/01/2024, 13:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah (IJD) Ruas Muntilan-Keningar di Magelang, Jawa Tengah pada Senin (22/1/2024).

Dalam pidatonya Jokowi menjelaskan bahwa ruas ini adalah akses evakuasi Gunung Merapi dan akses untuk masyarakat Desa Petung, Kecamatan Pakis, Magelang.

"Ruas Muntilan-Keningar Sukomakmur ini adalah akses evakuasi untuk Merapi, sehingga saya perlu lihat, tinjau dan sudah selesai," ujar Jokowi, dikutip dari tayangan langsung Youtube Sekretariat Presiden (Setpres).

Ruas jalan tersebut menggunakan perkerasan rigid beton agar lebih awet karena kerap dilintasi oleh kendaraan berat.

"Kita harapkan dengan dibangunnya jalan ini, tidak dengan aspal tapi dengan rigid beton, ini akan memberikan keawetan karena yang lewat sini truk-truk pasir yang besar-besar sehingga dibangun dengan rigid beton," lanjut Jokowi.

Selain di Magelang, Jokowi juga akan melakukan tinjauan proyek IJD di beberapa ruas lain di Jawa Tengah.

Baca juga: 34 Tahun Rusak, Jalan Kabupaten di Tasikmalaya Jadi Mulus Berkat IJD

"Kita harap ini lebih awet dan juga ruas jalan yang ada di Jawa Tengah lebih mulus, lebih baik lagi, dan besok saya akan melihat beberapa ruas yang lainnya," imbuh Jokowi.

Pemerintah menggelontorkan sekitar Rp 14,6 triliun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk menangani IJD pada tahun 2023.

Sementara Jawa Tengah mendapatkan porsi sebesar Rp 1,36 triliun untuk memperbaiki dan membangun 40 ruas jalan yang ada di Jawa Tengah.

"Dan di Kabupaten Magelang, dibangun 4 ruas jalan sepanjang 18,2 kilometer dengan biaya Rp 31,9 miliar," jelas Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com