Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebentar Lagi Beroperasi, Tol Cisumdawu Seksi 4-6 Telah Jalani Uji Laik Fungsi

Kompas.com - 08/06/2023, 15:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-6 (Cileunyi-Cimalaka) telah menjalani proses uji laik fungsi (ULF).

Informasi itu diketahui dari unggahan akun Instagram Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, pada Kamis (08/06/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BBPJN DKI Jakarta - Jawa Barat (@pupr_jalan_dkijabar)

Di mana tersaji video pelaksanaan ULF Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4-6 dan Junction Dawuan yang berlangsung pada 6-7 Juni 2023.

"Kemarin (6 Juni) dan hari ini (7 Juni) sedang dilaksanakan uji laik fungsi jalan tol untuk pembukaan pertengahan Juni ini, untuk Tol Cisumdawu," ujar Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat, Brawijaya, di dalam video tersebut.

Baca juga: Mengenal Geofoam EPS, Teknologi Khusus yang Digunakan di Tol Cisumdawu

 

Dia menjelaskan, pelaksanaan ULF Jalan Tol Cisumdawu terbagi dalam tiga kelompok besar atau tiga tim.

Kelompok 1 terkait dengan keselamatan lalu lintas. Kemudian kelompok kedua mengenai infrastruktur, dan kelompok ketiga terkait administrasi.

Brawijaya pun berharap hasil dari uji laik fungsi tidak banyak perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan oleh BUJT, termasuk kontraktor

"Karena saya lihat juga sudah bagus dari hal keteknisan, namun kalapun ada memang, ada waktu untuk melakukan perbaikan-perbaikan tersebut sebelum dilakukan pembukaan dan operasional Jalan Tol Cisumdawu ini," pungkasnya.

Untuk diketahui, Jalan Tol Cisumdawu membentang sepanjang 62 km dan terdiri dari enam seksi.

Ruas yang telah beroperasi lebih dulu meliputi Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan 11,45 km, Seksi 2 Pamulihan-Sumedang 17,05 km, dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka 4,05 km.

Sementara ruas lain segera menyusul yakni, Seksi 4 Cimalaka-Legok 8,2 km, Seksi 5 Legok-Ujung Jaya 14,9 km, dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan, termasuk Junction Dawuan 6,1 km.

Adapun Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp 5,5 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com