Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhat Para Polisi di Jalur Pantura, 30 Tahun Tak Pulang Libur Lebaran

Kompas.com - 22/04/2023, 08:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - "Jangan nanya gitu, saya sedih," ungkap Perwira Pengendali Pospam Jembatan Sewo, Iptu Sathoni Mikhail, saat ditanyai oleh Kompas.com kapan terakhir kali mudik Lebaran.

Tim Merapah Trans-Jawa Lintas Selatan Kompas.com menemui Mikhail di Pospam Jembatan Kali Sewo, Kelurahan Sukra, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Kamis (20/4/2023).

Dirinya mengaku sudah bertugas melayani masyarakat melalui penjagaan kelancaran arus lalu lintas dan keselamatan pengendara selama masa mudik Lebaran sejak 32 tahun yang lalu.

Artinya, Iptu Mikhail tidak bisa merasakan mudik Lebaran selama dirinya bertugas menjadi polisi.

Ia mengatakan, seorang anggota polisi pada saat Lebaran dituntut untuk tidak pernah pulang, tidak boleh pulang, dan tidak boleh sakit.

"Pekerjaan bidang pelayanan memang tidak bisa pulang. Bukan polisi saja, puskesmas, pokoknya tim-tim pelayanan enggak pulang karena harus melayani, jadi tidak ada yang diam," tambah Mikhail.

Sebagai ganti libur Lebaran, biasanya Mikhail baru bisa merayakan hari besar agama Islam tersebut bersama orangtuanya setelah terlewat beberapa hari.

Kendati demikian, dirinya memaklumi risiko dari tugas yang diembannya karena menyangkut hajat jutaan orang.

Baca juga: Tebar Uang buat Penyapu Pantura, Bentuk Pelecehan terhadap Masyarakat Kecil

Terlebih di tempatnya bertugas, yaitu kawasan Jembatan Kali Sewo yang masuk jalur pantai utara (pantura), ramai dengan penyapu uang.

Para penyapu uang adalah masyarakat sekitar yang berkumpul di pinggir jalan untuk menangkap uang yang ditebar oleh pengendara.

Dalam beraksi, mereka membawa senjata khususnya, yaitu sapu yang terbuat dari ranting pohon. Mikhail mengaku, tugas timnya untuk membuat arus lalu lintas cukup sulit dijalankan. Terlebih lagi, karena jumlah petugas dengan masyarakat berbanding jauh.

Sejumlah imbauan juga terus disuarakan, tetapi tetap saja tidak diindahkan para penyapu jalan. Hal ini lantaran kegiatan menyapu uang adalah kebiasaan yang sudah mengakar di daerah pantura. 

Kondisi Pospam Kedawung, Cirebon, Jawa BaratKOMPAS.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Kondisi Pospam Kedawung, Cirebon, Jawa Barat

Rasa pilu yang diungkapkan Mikhail juga serupa yang diungkapkan oleh Padal Pospam Kedawung Cirebon, Iptu Erni Suhaeni. Wanita ini juga udah tidak merasakan libur Lebaran selama lebih dari 30 tahun.

"Enggak pulang Lebaran sudah enggak bisa dihitung berapa tahun," ujar Erni kepada Kompas.com.

Kendati demikian, Erni selalu semangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat karena timbal balik positif yang diterima.

Menurut dia, selama bertugas, masyarakat tidak jarang memberi apresiasi, baik dalam bentuk ucapan terima kasih maupun pemberian makanan atau minuman untuk petugas pospam.

"Mungkin itu yang saya merasa bangga bahwa masyarakat mengapresiasi polisi," tandas Erni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com