Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Tambahan Lajur di Tol Jakarta-Cikampek, Ini Titiknya

Kompas.com - 04/04/2023, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) bakal mengoperasikan satu lajur tambahan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Lokasinya berada di KM 50 hingga KM 66 arah Cikampek dan KM 61 hingga KM 50 arah Jakarta.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas layanan kendaraan yang melintas di Tol Japek serta mengoptimalkan pelaksanaan contraflow (lawan arus) menggunakan dua hingga 3 lajur.

Direktur Bisnis JTT Pratomo Bimawan Putra mengatakan hal ini dikutip dari siaran persnya, Selasa (4/4/2023).

Baca juga: Jelang Mudik Lebaran, Tol Japek II Selatan Difungsikan Lagi

"JTT pun turut melakukan rencana pengoperasian pelebaran ruas Jalan Tol Japek dengan menambahkan 1 lajur di KM 50 hingga KM 66 arah Cikampek dan KM 61 hingga KM 50 arah Jakarta," kata Pratomo.

Sehingga, imbuh Pratomo, dapat tetap memberikan akses bagi pengguna jalan yang akan menuju dan dari Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi pada periode arus mudik dan balik Lebaran 2023 ini.

JTT memprediksi peningkatan volume lalin pada H-7 Lebaran 2023 hingga H+7 Lebaran 2023 akan terjadi di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama (Cikatama).

Setidaknya, terdapat 887.100 kendaraan atau 94,85 persen lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal November 2022.

Sedangkan pada arus balik, diprediksi terjadi lonjakan kendaraan sebanyak 809.997 kendaraan atau 69,22 persen lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal November 2022.

Sebagai upaya mengantisipasi lonjakan volume lalin periode Hari Raya Idul Fitri, JTT berkolaborasi bersama dengan Kepolisian dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan kapasitas jalan tol dengan rekayasa lalin, seperti contraflow, khususnya di Tol Japek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com