Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deliserdang Raih Adipura sampai 16 Kali, Bupati: Jangan Buang Sampah Sembarang

Kompas.com - 02/03/2023, 09:11 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Menjadikan Lubukpakam sebagai kota bersih dan berseri dibutuhkan peran semua pihak, bukan hanya pemerintah. Kalau semua mengandalkan pemerintah, upaya dan dana yang dialokasikan tidak akan cukup.

Pesan ini disampaikan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan di syukuran Piala Adipura ke-16 di Lapangan Tengku Raja Muda.

Memastikan ibu kota Kabupaten Deliserdang ini menjadi kecamatan berseri, diandalkan pejuang kebersihan, pejuang Adipura, dan masyarakat, baik warga Lubukpakam sendiri maupun pendatang.

"Tidak terletak pada pemerintah saja, kecamatan dan perangkatnya. Pada bapak dan ibu petugas kebersihan yang membersihkan sampah setiap hari. Lebih banyak tanggung jawab masyarakat, tanggung jawab kita semua," kata Ashari, dikutip dari siaran pers Humas Deliserdang, Rabu (1/3/2023) petang.

Baca juga: Kota Kecil Lubukpakam Raih Adipura untuk Ke-16 Kalinya

Kepada para pendatang, dia berharap agar menghargai upaya masyarakat Deliserdang yang menginginkan kotanya bersih.

"Tolong jangan buang sampah di sini, jangan buang sampah sembarangan. Terima kasih banyak, luar biasa Kota Lubukpakam, harus tetap menjadi kota yang bersih," imbuh Ashari.

Saat menerima penghargaan di Jakarta, dirinya sadar bukan hal mudah mempertahankan Adipura. Tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyebutkan, setiap tahun semakin banyak persyaratan yang harus dipenuhi.

"Artinya, semakin lama semakin sulit untuk mendapatkan Adipura. Terima kasih banyak untuk semua pihak dan upaya yang dilakukan. Adipura ini kita jadikan momentum menjaga kebersihan kota yang kita cintai," ucapnya.

Di sela-sela acara, Ashari menyerahkan 300 paket sembilan bahan pokok (sembako) kepada petugas kebersihan sebagai bentuk terima kasih atas kerja keras mereka berjibaku membersihkan sampah di Kota Lubukpakam. Mengantarkan kota kecil ini meraih Piala Adipura 2022.

Lubukpakam merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara. Juga menjadi ibu kota Kabupaten Deliserdang.

Tahun ini, penghargaan diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada Bupati Deliserdang Ashari Tambunan di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Kominfostan) Kabupaten Deliserdang Miska Gewasari dalam keterangan tertulisnya mengatakan, penghargaan yang diterima kategori Kota Kecil.

Pertama kali diraih pada 1995. Pada 2019 sampai 2021, Adipura tidak diselenggarakan karena pandemi Covid-19.

"Dua tahun belakangan ini, dilaksanakan lagi..." kata Miska.

Menteri LHK Siti Nurbaya dalam sambutannya bilang, sangat penting seluruh pihak mengantisipasi perubahan iklim yang fenomenanya makin berdampak pada ekosistem dan lingkungan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com