Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2023, 20:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) tengah memfokuskan pembangunan Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) Akses 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer sambil menyelesaikan proses pembebasan lahan.

Dalam mengerjakan salah satu segmen jalan tol di IKN tersebut, perseroan melaksanakan kerja sama operasi (KSO) dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Brantas Abipraya (Persero).

“Pada pengerjaan proyek ini, Hutama Karya tergabung dalam KSO dengan Adhi Karya dan Brantas Abipraya, fokus pengerjaan pada seksi 3A saja,” kata Executive Vice President (EVP) Sekretaris Tjahjo Purnomo dalam keterangan resminya, Rabu (1/3/2023).

Selain menargetkan proyek rampung tepat waktu, Hutama Karya selaku kontraktor berkomitmen memberikan jaminan mutu dengan kualitas terbaik dan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan serta memperhatikan aspek K3 di lapangan.

“Sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengusung kawasan hijau dan menerapkan visi future smart forest city, kita harus seminimal mungkin melakukan penebangan pohon dan menjaga lingkungan,” ujar Tjahjo.

Baca juga: Hutama Karya Bidik Kontrak Baru Rp 3,62 Triliun, Termasuk 2 Proyek IKN

Pada proyek ini, Hutama Karya melakukan pekerjaan pembangunan jalan baru sepanjang 9,965 kilometer dan pembangunan jembatan baru yang melewati sungai dan rawa sepanjang 3,435 kilometer.

Sejauh ini, Hutama Karya sudah telah merampungkan proyek-proyek strategis di daerah Kalimantan.

Ini di antaranya Jembatan Pulau Balang, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), Bandara Samarinda Baru, Wisma Atlet, RSUD Kota Baru, PLBN Entikong dan lain sebagainya.

“Hutama Karya optimis dapat menyelesaikan pembangunan segmen 3A Karangjoang-KTT Karingau sepanjang 13,4 kilometer dengan tepat waktu dan tepat mutu. Sehingga, dapat memudahkan akses menuju Kawasan inti IKN yang semula menempuh perjalanan 2 jam menjadi 30 menit saja,” kata dia.

Dengan hadirnya jalan tol IKN yang digarap oleh Hutama Karya, dapat memberikan kemudahan akses transportasi dan merepresentasi bangsa yang unggul dengan mewujudkan smart city (kota pintar).

Kemudian, membuka lapangan pekerjaan baru, menjadi destinasi pariwisata dan meningkatkan perekonomian daerah sekitar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+