Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BP Tapera Hadirkan Gerakan Rumah Pertama di 8 Provinsi

Kompas.com - 18/02/2023, 17:08 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menghadirkan Gerakan Rumah Pertama (Gema) Tapera di 8 provinsi mulai Februari-Maret 2023.

Dilansir dari rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (18/2/2023), kedelapan provinsi tersebut meliputi DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Selatan.

Khusus untuk DKI Jakarta, Gema Tapera hadir di Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan, Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Rumah Tapera adalah pembiayaan perumahan yang diberikan oleh BP Tapera untuk rumah pertama meliputi Rumah Tapera Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Bangun Rumah (KBR) dan Kredit Renovasi Rumah (KRR).

Selain itu, BP Tapera pada tahun 2022 juga sudah ditunjuk menjadi Operator Investasi Pemerintah, maka Rumah Tapera lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum adalah pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Semua fasilitas pembiayaan di Rumah Tapera ini, ditawarkan dengan bunga rendah dan tetap sepanjang masa angsuran yaitu 5 persen dengan batas penghasilan di angka Rp 8 juta di luar domisili di Papua dan Papua Barat, serta Rp 10 juta untuk Papua dan Papua Barat.

Untuk Rumah Tapera jenis KPR uang mukanya bisa 0 persen dengan masa angsuran hingga 30 tahun. Sedangkan KBR memiliki limit pembiayaan hingga Rp 150 juta dan bisa dengan masa angsuran hingga 15 tahun.

Untuk KRR peserta Tapera bisa memanfaatkan masa tenor 5 tahun dengan pembiayaan paling tinggi hingga Rp 75 juta.

Baca juga: Ingin Rumah Laku Lebih Cepat? Lakukan 3 Cara Ini

Untuk FLPP, uang muka ringan, bebas premi asuransi, bebas PPN, selama masa angsuran hingga 20 tahun.

"Kami berharap Rumah Tapera dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, baik dari PNS maupun masyarakat umum lainnya. Rumah dengan harga terjangkau, cicilan ringan dan bahkan bisa dengan uang muka 0 persen," ungkap Komisioner BP Tapera, Adi Setianto.

Masyarakat yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya bisa hadir dalam kesempatan ini dengan berkunjung ke Kementerian PUPR pada tanggal 21–23 Februari 2023, menyusul di Kementerian Kesehatan pada tanggal 22–24 Februari 2023.

Program Gema Tapera turut didukung oleh bank penyalur Rumah Tapera yaitu BTN, BTN Syariah, BRI, Mandiri, BNI, BSI dan BJB dan 21 pengembang perumahan.

Dalam acara tersebut pengunjung memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah uang elektronik hingga jutaan rupiah setiap harinya.

Pengunjung bisa berkonsultasi di Rumah Cantik, bertanya kepada ahlinya bagaimana menata Rumah Tapera agar asri, nyaman dan kekinian. Selain itu, peserta Tapera juga bisa melakukan pemutakhiran data dan cek saldo tabungannya.

Sebagai informasi, pada tahun 2023 BP Tapera menargetkan capaian KPR, KRR, dan KBR sebanyak 12.072 unit senilai Rp 1,5 triliun dan untuk Rumah Tapera FLPP sebanyak 229.000 unit senilai Rp 25,18 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com