Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Bikin Loteng Jadi Ruang Tambahan

Kompas.com - 29/07/2022, 19:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Loteng merupakan sebuah ruang di dalam rumah, yang berlokasi di bagian atas plafon dan tepat di bawah atap.

Beberapa loteng yang dijumpai belum selesai dikerjakan oleh sang empunya rumah sehingga hanya dibiarkan terbengkalai.

Nah, bagi yang ingin memiliki ruang tambahan di rumah, loteng bisa menjadi opsi yang patut dipertimbangkan.

Selain tak membutuhkan tambahan lahan, Anda juga bisa memaksimalkan penggunaan ruang di dalam rumah.

Namun, untuk mengubah loteng menjadi ruang layak huni juga membutuhkan anggaran yang cukup besar. Terlebih soal pembuatan ventilasi udara dan pemilihan jenis lantai yang tepat.

Baca juga: Menjaga Dinding Rumah Tetap Aman Saat Musim Hujan Tiba

Ketinggian langit-langit loteng juga harus dipertimbangkan sebelum melakukan renovasi karena dalam banyak kasus atap harus dinaikkan.

Ini berarti renovasi besar-besaran harus dilakukan dan dana tambahan diperlukan. Dinding dan jendela juga perlu ditambah bila ingin tinggal di area loteng.

Masalah udara sering terjadi di area loteng ketika cuaca panas atau kelembaban sedang tinggi.
Aliran udara dari sebuah hunian akan selalu naik ke bagian atas. Jadi jika panas dan kelembaban tidak dapat keluar melalui ventilasi, akan menyebabkan kerusakan pada sistem insulasi rumah.

Sementara loteng yang memiliki ventilasi bagus dan terisolasi dengan baik akan bekerja lebih efisien untuk menjaga rumah tetap hangat saat musim hujan dan sejuk di musim panas.

Meskipun demikian, loteng yang sudah selesai dikerjakan dapat memberikan ruang ekstra. Ini akan sepadan dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Baca juga: Bolehkah Mengecat Bagian Atap Rumah?

Misalnya, ruang di area loteng dapat diubah menjadi tempat peristirahatan khusus atau untuk kamar tidur utama. Jika memungkinkan, kamar mandi adalah tambahan yang bagus untuk kamar tidur di loteng jadi.

Bila tidak digunakan sebagai kamar, area loteng tersebut dapat menjadi tempat penyimpanan yang rapi dan bersih untuk barang-barang yang jarang digunakan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com