Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bisnis Properti Ini Bakal Moncer di Sepanjang Tol Yogyakarta-Bawen

Kompas.com - 17/06/2022, 18:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi memperpendek rentang kendali antar-wilayah, pemerintah tengah mengerjakan berbagai proyek jalan tol.

Salah satunya adalah proyek jalan Tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 75,82 kilometer dan ditargetkan selesai secara bertahap pada akhir tahun 2023.

Bila konstruksi jalan tol nanti selesai, tentu saja akan membuka peluang kerja bagi banyak orang termasuk di sektor properti.

Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat mengatakan, akan ada dua jenis properti yang berkembang di sepanjang Jalan Tol Yogyakarta-Bawen nanti.

Baca juga: Proyek Tol Yogyakarta-Bawen Lintasi Empat Kabupaten/Kota di Jateng

Menurut Syarifah, bisnis yang akan berkembang di sepanjang jalur tol atau ribbon development ini mengikuti kekuatan dan potensi wilayah tersebut.

"Dari potensi properti, residential dan hospitality menjadi dua sub-sektor yang potensial tumbuh di awal keberadaan jalur tol ini,” ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (17/6/2022).

Meskipun demikian, Syarifah menyarankan para pengusaha properti untuk melihat rencana tata ruang daerah.

“Rencana tata ruang harus dikaji terlebih dulu sehingga dapat menemukan pola dan strategi usaha kedepan yang sesuai dengan rencana pengembangan kawasan,” tambah Syarifah.

Mengutip laman Pemprov Jateng, Tol Yogyakarta-Bawen akan dimulai pembangunannya dari Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, hingga Kabupaten Semarang.

Dengan nilai investasi sebesar Rp 14,26 triliun, tol ini memiliki masa konsensi 40 tahun. Dari total panjang jalan tol 75,82 kilometer, 67,05 kilometer berada di wilayah Jawa Tengah, dan 8,77 kilometer berada di Yogyakarta.

Tol Yogyakarta-Bawen memiliki enam seksi yakni, Seksi 1 Yogyakarta-Banyurejo sepanjang 8,25 kilometer, Seksi 2 Banyurejo sampai Borobudur sepanjang 15,26 kilometer, dan Seksi 3 dimulai dari Borobudur sampai Magelang sepanjang 8,08 kilometer.

Baca juga: Konstruksi Tol Yogyakarta–Bawen Paket 1 Ditangani Adhi Karya

Kemudian Seksi 4 dimulai dari Magelang sampai Temanggung sepanjang 16,46 kilometer, Seksi 5 dimulai dari Temanggung sampai Ambarawa sepanjang 22,56 kilometer, dan Seksi 6 dimulai dari Ambarawa sampai Bawen sepanjang 5,21 kilometer.

 

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com