Deddy Herlambang
Pengamat Transportasi

Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (INSTRAN)

Menakar Risiko Transaksi Tol Nir-sentuh Tanpa Setop MLFF

Kompas.com - 01/06/2022, 05:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

AKHIR 2022, Pemerintah mulai menerapkan sistem pembayaran jalan tol nir-sentuh tanpa setop di beberapa ruas jalan tol.

Pembayaran nir-sentuh tanpa setop ini menjadikan pelayanan jalan tol akan lebih baik karena tidak terhalang barrier berupa gerbang tol (GT) sehingga menihilkan kemacetan.

Dapat dipastikan tahun depan, semua ruas jalan tol mulai memberlakukan kebijakan sistem pembayaran tol yang dikenal dengan Multi Lane Free Flow (MLFF).

MLFF yang dipilih berbasis Global Navigation Satelite System (GNSS). Dalam konteks ini, perusahaan asal Hungaria, Roatex, memenangi tender yang digelar Pemerintah untuk menjalankan kebijakan MLFF.

Negara-negara di Eropa sudah menggunakan sistem GNSS, di antaranya Slovakia, Jerman, Ceko, Rusia, dan Belgia, tapi hanya untuk kendaraan truk atau logistik.

Sementara Indonesia, diklaim Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan menjadi negara pertama di dunia yang menerapkan sistem pembayaran MLFF berbasis GNSS untuk semua jenis kendaraan baik penumpang atau barang.

Tidak ada salahnya boleh berbangga dengan kenyataaan ini kalau Indonesia akan menjadi pelopor pembayaran jalan tol dengan metoda MLFF berbasis GNSS.

Untuk lebih jelasnya mengenai MLFF berbasis GNSS, kita dapat bandingkan metode pembayaran jalan Tol yang telah digunakan di dunia:

1. Pay cash

Pembayaran dengan uang tunai di gardu tol atau loket dengan petugas jalan tol. Di Indonesia metoda ini digunakan sejak ada jalan tol pertama kali, yakni Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) 9 Maret 1978.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.