Antisipasi Kurang Air Bersih Saat Musim Kemarau, Flores Timur Siapkan Mobil Tangki

Kompas.com - 14/05/2022, 08:00 WIB
Distribusi air bersih menggunakan mobil tangki air dan penyambungan ke jaringan pipa PDAM yang sudah ada ke sembilan desa di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRDistribusi air bersih menggunakan mobil tangki air dan penyambungan ke jaringan pipa PDAM yang sudah ada ke sembilan desa di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Flores Timur menyiagakan mobil tangki untuk memasok kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat selama musim kemarau 2022.

Kepala BPBD Kabupaten Flores Timur Alfons Hada Betan memastikan ini dilansir Antara, Jumat (13/5/2022). 

"Setiap tahun, kami selalu menyediakan mobil tangki untuk memasok kebutuhan air bersih, meskipun cuma satu unit tetapi terus beroperasi," ungkapnya.

Karena, ini berkaitan dengan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Flores Timur mengantisipasi kekurangan air bersih di masyarakat selama musim kemarau tahun 2022.

Sebagaimana diketahui, Flores Timur sudah memasuki musim kemarau berdasarkan laporan analisis zona musim (zom) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Laporan itu telah diperbaarui per 10 Mei 2022 yang di antaranya di zom 247 mencakup Flores Timur bagian barat daya.

Baca juga: Masuk Musim Kemarau, Indonesia Diminta Waspada atas Bahaya Kebakaran Hutan

Selain itu, zom 248 Flores Timur mencakup bagian barat laut, zom 249 mencakup Flores Timur bagian utara, dan zom 250 mencakup Adonara, Solor.

Alfons menjelaskan, masalah kekeringan akibat kemarau di Flores Timur memang selalu ada setiap tahun, namun dampaknya tidak separah daerah lain.

Meski demikian, BPBD tetap menyediakan mobil tangki yang dioperasikan untuk mengatasi keluhan atau permintaan air bersih dari masyarakat.

"Saat ini, mobil tangki kami masih dikerahkan membantu kelancaran kegiatan pihak Kodim 1624 Flores Timur dan setelahnya akan dioperasikan seperti biasa," katanya.

Pemerintah Daerah (Pemda), kata dia, sebelumnya juga telah menyalurkan bantuan tandon air atau profil tank untuk wilayah yang dianggap kesulitan air bersih.

Dengan begitu, nantinya bisa dimanfaatkan untuk menampung air untuk kebutuhan saat kemarau.

Alfons menambahkan, pihaknya juga selalu mengimbau masyarakat untuk menghemat penggunaan air bersih agar kebutuhan tetap terpenuhi selama kemarau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.