Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kurang Air Bersih Saat Musim Kemarau, Flores Timur Siapkan Mobil Tangki

Kompas.com - 14/05/2022, 08:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Flores Timur menyiagakan mobil tangki untuk memasok kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat selama musim kemarau 2022.

Kepala BPBD Kabupaten Flores Timur Alfons Hada Betan memastikan ini dilansir Antara, Jumat (13/5/2022). 

"Setiap tahun, kami selalu menyediakan mobil tangki untuk memasok kebutuhan air bersih, meskipun cuma satu unit tetapi terus beroperasi," ungkapnya.

Karena, ini berkaitan dengan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Flores Timur mengantisipasi kekurangan air bersih di masyarakat selama musim kemarau tahun 2022.

Sebagaimana diketahui, Flores Timur sudah memasuki musim kemarau berdasarkan laporan analisis zona musim (zom) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Laporan itu telah diperbaarui per 10 Mei 2022 yang di antaranya di zom 247 mencakup Flores Timur bagian barat daya.

Baca juga: Masuk Musim Kemarau, Indonesia Diminta Waspada atas Bahaya Kebakaran Hutan

Selain itu, zom 248 Flores Timur mencakup bagian barat laut, zom 249 mencakup Flores Timur bagian utara, dan zom 250 mencakup Adonara, Solor.

Alfons menjelaskan, masalah kekeringan akibat kemarau di Flores Timur memang selalu ada setiap tahun, namun dampaknya tidak separah daerah lain.

Meski demikian, BPBD tetap menyediakan mobil tangki yang dioperasikan untuk mengatasi keluhan atau permintaan air bersih dari masyarakat.

"Saat ini, mobil tangki kami masih dikerahkan membantu kelancaran kegiatan pihak Kodim 1624 Flores Timur dan setelahnya akan dioperasikan seperti biasa," katanya.

Pemerintah Daerah (Pemda), kata dia, sebelumnya juga telah menyalurkan bantuan tandon air atau profil tank untuk wilayah yang dianggap kesulitan air bersih.

Dengan begitu, nantinya bisa dimanfaatkan untuk menampung air untuk kebutuhan saat kemarau.

Alfons menambahkan, pihaknya juga selalu mengimbau masyarakat untuk menghemat penggunaan air bersih agar kebutuhan tetap terpenuhi selama kemarau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com