Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasokan Air 3 SPAM di Jawa Timur Ditingkatkan

Kompas.com - 13/05/2022, 17:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meningkatkan pasokan tiga Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Jawa Timur.

Ketiga SPAM yang ditingkatkan melalui program National Urban Water Supply Project (NUWSP) ini berlokasi di Blitar, Lamongan dan Ponorogo.  

Tujuan utama Program NUWSP yaitu untuk mendukung pembangunan SPAM di perkotaan dalam rangka peningkatan akses dengan fokus terhadap penyediaan air minum yang layak, bantuan teknis dan dukungan majemen dalam peningkatan kapasitas bagi Pemerintah Daerah dan BUMD Air Minum

Baca juga: Telan Rp 56 Miliar, Berikut Sederet Pembangunan SPAM di Sulteng

"Layanan pembangunan SPAM diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan domestik agar masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau, berkesinambungan selama 24 jam, serta meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan air bersih," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Jumat (13/5/2022). 

Pembangunan SPAM di Blitar mulai dikerjakan sesuai kontrak pada 25 September 2020 dan selesai pada Juli 2021.

Anggaran pembangunannya senilai Rp 12,6 miliar dengan kontraktor PT Tirta Sarana Mulia Technology mencakup pembangunan Seated Gate Valve Resillient, Water Meter dan Logger, unit Removal Fe dan Mn, Ground Reservoar, pengadaan pipa, pemasangan pipa, Genset Silent, pembangunan sumur bor.

Sumber air SPAM NUWSP Kota Blitar diambil dari sumur bor sedalam 120 meter dengan debit 16 liter per detik.

Air dialirkan melalui sistem aerasi dan lamela yg merupakan bangunan berbentuk seperti sarang tawon serta filtrasi untuk mengurangi kadar besi, lalu disaring kembali melalui serangkaian proses untuk mengurangi zat mangan.

Selanjutnya air dialirkan menuju bak penampung dan siap didistribusikan ke rumah warga melalui Sambungan Rumah (SR).

Pipa utama menuju SR dilengkapi dengan water meter induk bersistem elektromagnetik sehingga terdata secara otomatis.

Diharapkan program optimalisasi SPAM Kota Blitar ini dapat memberikan peningkatan luas area layanan yang semula berada di angka 6.000 SR menjadi 9.000 SR pada tahun 2022.

Kemudian SPAM Babat di Kabupaten Lamongan yang juga selesai pada 2021 dengan nilai kontrak Rp 16,9 miliar berupa perbaikan dan penambahan jaringan pipa serta reservoar berkapasitas 800 meter kubik.

Pada 2021-2022, ditargetkan pemasangan 1.500 SR baru dan optimalisasi 750 SR eksisting, sehingga total sambungan SR mencapai 4.500 di akhir tahun 2022.

Target SR tersebut dengan memanfaatkan air baku pada IPA yang dibangun pada 2021 berkapasitas 50 liter per detik dan IPA eksisting sebesar 50 liter per detik dari total kapasitas 100 liter per detik.

Terakhir SPAM BNA di Ponorogo yang dilaksanakan sejak 4 September 2020 oleh kontraktor PT Bayu Surya Bakti Konstruksi-PT Global Mandira Semesta (KSO) senilai Rp 14,2 miliar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com