Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Hasil Rehabilitasi 3 Fasilitas Kesehatan di Sulteng Pasca-bencana

Kompas.com - 06/05/2022, 10:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga fasilitas kesehatan di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) sedang direhabilitasi pasca dilanda bencana gempa bumi dan likuifaksi pada 2018 silam.

Fasilitas yang dimaksud meliputi Rumah Sakit (RS) Anutapura dan Puskesmas Tipo di Kota Palu, serta RS Torabelo di Kabupaten Sigi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa penanganan pasca bencana Sulteng meliputi tahap tanggap darurat, rehabilitasi, dan rekonstruksi.

Baca juga: Progres Terkini Penanganan Infrastruktur Pasca-bencana Sulawesi Tengah

"Pendekatannya adalah build back better, tidak sekadar membangun dengan kerentanan yang sama," ujar Basuki dalam keterangan pers, Rabu (04/05/2022).

Saat ini Kementerian PUPR sedang membangun Gedung AMC RS Anutapura. Pembangunannya menggunakan metode pelaksanaan konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun (Design and Build).

Pekerjaan yang dimulai pada 1 Desember 2021 dan ditargetkan selesai pada 25 Mei 2023. Kini progres fisiknya mencapai 15 persen.

Lingkup kegiatannya meliputi pekerjaan persiapan, struktur, arsitektur, MEP dan lansekap. Pekerjaan ini dilaksanakan oleh kontraktor PT Adhi Karya dengan nilai kontrak Rp 234,7 miliar.

RS Anutapura merupakan salah satu rumah sakit vital yang menyediakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kota Palu.

Sebelumnya, pada TA 2020 Kementerian PUPR telah merehabilitasi 22 bangunan RS ini yang rusak. Pekerjaan terbagi dalam dua tahap, di mana pada TAhap 1A dikerjakan 8 bangunan dan Tahap 1B sebanyak 14 bangunan.

Rehabilitasi Puskesmas Tipo di Kota Palu, Sulawesi Tengah.Dok. Kementerian PUPR Rehabilitasi Puskesmas Tipo di Kota Palu, Sulawesi Tengah.
Fasilitas kesehatan di Kota Palu lainnya yang sedang direhabilitasi ialah Puskesmas Tipo. Kini progres pengerjaan fisiknya mencapai 36,25 persen.

Kegiatan rehabilitasi meliputi pekerjaan persiapan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, pengecatan dan pekerjaan pintu serta jendela. 

Baca juga: Masyarakat Terdampak Bencana Palu Kini Bisa Tempati Hunian Tetap

Rehabilitasi Puskesmas Tipo dimulai 16 Desember 2021 dan ditargetkan selesai 13 Juni 2022. Dilaksanakan oleh kontraktor PT Karya Putera Mandiri Adisarana dengan nilai kontrak Rp 943 juta.

Rehabilitasi Rumah Sakit Torabelo di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.Dok. Kementerian PUPR Rehabilitasi Rumah Sakit Torabelo di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.
Kemudian, Kementerian PUPR juga melakukan rehabilitasi Gedung IGD dan rekonstruksi gedung laundry RS Torabelo di Kecamatan Sigi Biromaru.

Pekerjaan ini dimulai pada 14 Oktober 2021 dan ditargetkan selesai pada 27 Mei 2022. Saat ini progres fisik mencapai 78,75 persen.

Rehabilitasi dan rekonstruksi rumah sakit ini dilakukan oleh kontraktor PT Nurman Abadi dengan nilai kontrak Rp 3,29 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com