Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pasar Ini Jadi Titik Kemacetan Mudik di Cirebon

Kompas.com - 15/04/2022, 16:40 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolres Cirebon Kota AKBP Fahri Siregar mengatakan, terdapat tiga pasar tradisional yang bisa menjadi titik kemacetan pada momentum mudik Lebaran 2022 di wilayah itu.

"Ada tiga bottleneck (kemacetan) saat arus mudik, yaitu di Pasar Celancang, Mundu, dan Harjamukti," ujar Fahri dilansir Antara, Jumat (15/4/2022).

Menurut Fahri, dengan adanya potensi kemacetan di tiga titik pasar tradisional tersebut, pihaknya akan menempatkan anggota untuk mengurangi kemacetan.

Selain itu, parkir liar yang berada di sepanjang bahu jalan di tiga pasar itu juga akan ditertibkan agar tidak menimbulkan kemacetan parah.

"Kami tempatkan Pos Pengamanan (Pospam) di pasar itu, dan juga akan kami siagakan anggota untuk mengatur arus lalu lintas (lalin)," ujarnya.

Baca juga: Demi Mudik Aman dan Nyaman, Jalan Layang MBZ Dilengkapi 4 Rest Area

Fahri mengatakan, pihaknya melakukan survei jalur mudik yang berada di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

Akan tetapi, hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada kerusakan jalan yang akan dilalui para pemudik.

Karena, jalur utama mudik saat ini masih sangat layak dan tidak ada kendala sama sekali. Sehingga, para pemudik dapat berjalan aman.

Menurutnya, ada tiga jalur utama yang mengarah ke Jawa Tengah melalui wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

Pertama, dari arah Indramayu ke Kapetakan, kemudian Kota Cirebon. Selanjutnya, arah Indramayu, menuju Kedawung dan ke Kota Cirebon, serta jalur dari Kuningan, Penggung, kemudian arah Jateng.

"Ruas jalan yang digunakan untuk arus mudik dipastikan kondisi aman dan baik," katanya.

Setidaknya, tujuh pospam akan didirkan oleh Polres Cirebon Kota untuk memperlancar arus lalin selama masa mudik Lebaran 2022.

Adapun ketujuh Pospam yang akan dibangun yakni sekitar Pasar Celancang, Bakorwil, Kedawung, Pemuda, Jalan Kanggraksan, Kalijaga, dan Pasar Mundu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com