Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HKI Raih Penghargaan "Kecelakaan Nihil" Pembangunan Tol Binjai-Stabat

Kompas.com - 08/03/2022, 11:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) melalui anak usahanya PT HK Infrastruktur atau HKI meraih penghargaan kecelakaan nihil atas proses konstruksi Jalan Tol Binjai-Stabat.

Penghargaan ini didapat dari dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Penghargaan ini diberikan atas tercapainya 1.963.776 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja,
terhitung sejak 1 Desember 2020 hingga 31 Desember 2021.

Direktur Operasi II HKI Heru Pramana menyampaikan, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan unsur yang sangat diperhatikan oleh HKI dalam proses konstruksi suatu produk infrastruktur, salah satunya jalan tol

Heru menuturkan, penghargaan Kecelakaan Nihil ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi HKI dalam momentum Bulan K3 Nasional kemarin.

Baca juga: Kelar Uji Laik Fungsi, Tol Binjai-Stabat Akan Segera Beroperasi

"Unsur K3 selalu menjadi prioritas HKI dalam membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), tak terkecuali Tol Binjai-Stabat," ujar Heru dikutip dalam siaran persnya, Selasa (8/3/2022).

Aspek ini menjadi perhatian perusahaan demi kenyamanan dan keamanan seluruh pekerja, seperti memperhatikan kesejahteraan karyawan.

Heru menambahkan, keberhasilan proyek itu salah satunya tercermin dari penerapan K3 dalam pelaksanaannya dan Zero Accident selalu menjadi prioritas perusahaan.

Tol Binjai-Stabat sendiri merupakan JTTS yang pertama diresmikan pada tahun 2022 oleh
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan merupakan lanjutan dari Jalan Tol Medan-Binjai yang telah
beroperasi sejak tahun 2017.

Jalan tol sepanjang 11,8 kilometer ini mulai dikerjakan sejak Maret 2020 hingga akhir Desember 2021.

Jalan tol ini dirancang sebanyak empat underpass, dua underbridge, satu interchange (Simpang Susun), juga satu gerbang tol (GT) di akses Stabat, tepatnya di STA 1+600.

Selain dapat memudahkan konektivitas antar kabupaten, Tol Binjai-Stabat juga akan membuka akses destinasi pariwisata yang ada di Sumut seperti Kawasan Wisata Bukit Lawang Ecotourist, Tangkahan, Wisata Wohani Tuan Guru dan Tanjung Pura di Kabupaten Langkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com