Kompas.com - 25/01/2022, 13:30 WIB
Tol Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan mulai beroperasi Selasa (25/01/2022). Dok. Kementerian PUPRTol Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan mulai beroperasi Selasa (25/01/2022).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan telah resmi beroperasi Senin (24/1/2022).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan, Tol Cisumdawu Seksi 1 dioperasikan tanpa tarif alias gratis selama dua minggu.

"Pentarifan juga sudah dimintakan Surat Keputusan (SK) ke pak menteri dan akan diberlakukan gratis dua minggu," jelasnya dalam konferensi pers, Senin (24/1/2022).

Danang melanjutkan, seperti yang sebelum-sebelumnya, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga diminta untuk menyosialiasikan hal ini kepada masyarakat.

Jika masa gratis telah habis, lantas berapa patokan tarif dari Cileunyi-Pamulihan?

Danang menuturkan, tarif Tol Cisumdawu Seksi 1 yang ditetapkan yaitu untuk Golongan 1 sebesar Rp 1.000 per kilometer.

Selanjutnya, golongan II dan III Rp 1.500 per kilometer, dan golongan IV dan V Rp 2.000 per kilometer.

Baca juga: Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Beroperasi Tanpa Tarif

Seperti diketahui, Tol Cisumdawu membentang sepanjang 60,10 kilometer yang terdiri dari enam seksi.

Ini meliputi Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 kilometer, Seksi 2 Pamulihan-Sumedang 17,05 kilometer.

Kemudian, Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 kilometer, Seksi 4 Cimalaka-Legok 8,20 kilometer, Seksi 5 Legok-Ujungjaya 14,9 kilometer, dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan 6,6 kilometer.

Jalan Tol Cisumdawu dibangun dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Tol Cisumdawu Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) untuk menaikkan kelayakan investasi tol tersebut.

Sementara Tol Cisumdawu Seksi 3-6 dibangun oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dengan nilai investasi Rp 8,41 triliun.

"Untuk 1 dan 2 itu merupakan ruas jalan tol yang pembiayaannya dilakukan oleh pemerintah melalui APBN dan Seksi 3-6 dan Simpang Susun Junction Dawuan itu jadi investasi badan usaha," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.